Polisi merazia pemudik/Antara/Rivan Awal Lingga
Polisi merazia pemudik/Antara/Rivan Awal Lingga

Angkutan Logistik ke Luar Jabodetabek Bakal Dipelototi

Siti Yona Hukmana • 23 April 2020 10:09
Jakarta: Pelarangan mudik ke luar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek), hanya untuk angkutan umum atau penumpang. Namun, kepolisian tetap akan memeriksa angkutan logistik.
 
"Penyekatan dan pemeriksaan seluruh kendaraan juga kita lakukan di pintu-pintu tol, supaya tidak ada yang mengelabui alih-alih menggunakan truk logistik," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada Medcom.id, Kamis, 23 April 2020.
 
Menurut dia, sudah ada 19 pos pengamanan atau pospam sebagai check point. Di pos tersebut semua jenis kendaraan bakal digeledah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dari kasat mata kita lihat bedanya kan ada kendaraan penangkut logistik itu truk, kendaraan angkut penumpang itu mobil. Tapi, tetap kita lakukan pemeriksaan di titik check point," kata dia.
 
Baca:Polisi Tunggu Sanksi Resmi untuk Pemudik
 
Sebanyak tiga pos terpadu besar ditempatkan di Pintu Tol Cikarang Barat, Pintu Tol Cimanggis, dan Pintu Tol Bitung. Penjagaan di tiga pospam terpadu besar dilakukan oleh personel gabungan TNI, Polri, Dinas Perhubungan, dan Dinas Kesehatan.
 
Sementara belasan pospam lain tersebar di wilayah Jabodetabek. Sebanyak 16 pospam terpadu lainnya berada di jalur arteri dan protokol. Lima titik pospam terpadu di Tangerang Kota, yakni di Jalan Lippo Karawaci, Batuceper, Ciledug, Kebun Nanas, dan Jatiuwung.
 
Sebanyak dua pospam berada di Jalan Puspitek dan Curug, Tangerang Selatan. Adapun dua pospam berada di wilayah Depok yakni di Jalan Raya Bogor Cibinong, dan Jalan Raya Bogor Citayam. Kemudian tiga pospam di Jalan Sumber Artha, Bantargebang dan Cakung, Kota Bekasi.
 
Empat pospam di Bekasi Kabupaten, yakni di Jalan Cibarusah, Kedungwaringin, Bojongmangu dan Pebayuran. Angkutan yang kedapatan membawa pemudik bakal diminta memutar balik.Kebijakan itu bersifat sementara menunggu keputusan pemerintah terkait sanksi pelanggar pelarangan mudik.
 
Presiden memutuskan melarang warga mudik Lebaran 2020. Masyarakat diharap merayakan Idulfitri 1441 Hijriah di kediaman masing-maing untuk mencegah penyebaran covid-19 ke daerah lain.
 
"Setelah larangan mudik bagi ASN (aparatur sipil negara), TNI, Polri, yang telah kita lakukan minggu lalu, pada rapat hari ini, mudik semuanya akan kita larang," tegas Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat.
 

(ADN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif