Keluhan Harga Kebutuhan Pokok Dinilai Wajar
Pasar Induk Kramat Jati--Medcom.id/Dian Ihsan Siregar.
Jakarta:Pedagang di pasar tradisional menganggap wajar keluhan yang diberikan pelanggan. Komplain biasanya dilayangkan kepada pedagang terkait tingginya harga kebutuhan pokok.

"Iya pasti ada keluhan terkait harga kebutuhan pokok. Tapi, kami anggap wajar. Biasanya yang komplain itu yang sudah langgan sama kita, mau mereka orang warung makan atau lainnya," ucap Bisri, pedagang Pasar Induk Kramat Jati, kepada Medcom.id, Sabtu, 26 Mei 2018.


Ia tak pernah mengambil pusing setiap keluhan. Lantaran, harga kebutuhan pokok memang sering mengalami perubahan.

"Mau tidak mau, kita ajak ngomong, kalau ada naik turun. Apalagi kebutuhan pokok yang sering dibeli, seperti cabai dan bawang, itu sering mengalami kenaikan," tutur Bisri.

Andi, pedagang PD Pasar Jaya Lenteng Agung menjelaskan, keluhan pelanggan biasanya diterima baik. Setelah dijelaskan, biasanya pembeli tidak akan komplain kembali.

"Kita kasih tahu sedikit demi sedikit tentang perubahan harga, apalagi harga kebutuhan pokok pada saat jelang puasa dan lebaran, biasanya harga naik drastis, tapi saat ini tetap stabil, semoga tidak mengalami kenaikan yang signifikan menjelang lebaran. Karena, orang banyak pada mudik, jadi barang banyak tidak bisa dijual, akhirnya harga tidak naik," tegas dia.

Andi juga jarang memiliki pelanggan tetap. Karena banyak sekali kemauan yang diinginkan pelanggan‎. "Kalau ada pelanggan tetap biasanya rewel sama ribet, makanya malas ada pelanggan tetap. Ya, maunya pembeli biasa saja," tukas Andi.



(AZF)