Anak Yatim Harus Punya Semangat seperti Nabi Muhammad
Petinggi Metro TV dan Baznas berpose bersama anak-anak yatim dalam acara Buka Puasa Bersama 1.800 Anak Yatim, di Masjid Nursiah Daud Paloh, Kedoya, Jakarta Barat. Foto: Medcom.id/M Sholahadhin Azhar
Jakarta: Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mengapresiasi Metro TV karena mengadakan buka puasa bersama 1.800 anak yatim. Direktur Operasi Baznas Wahyu Tantular Tunggul Kuncahyo menyebut hal ini merupakan cara Metro TV dan Baznas merangkul anak kurang mampu.

"Kami berharap ada manfaat silaturahmi kami. Ini adalah wahana memberikan semangat. Bahwa kami dan Metro TV ada di samping mereka," kata Wahyu di Masjid Nursiah Daud Paloh, Kedoya, Jakarta Barat, Jumat, 25 Mei 2018.


Dengan kolaborasi bersama, Wahyu berharap semangat para anak yatim bisa terus didorong. Presiden Direktur Metro TV Suryopratomo memberi semangat terhadap mereka.

"Jangan pernah putus asa, raihlah harapan ke depan, insyaallah adik-adik enggak sendirian. Ada dari kita yang akan bantu adik-adik," kata pria yang akrab disapa Tommy itu.

Baca juga: Metro TV Berikan Santunan kepada 1.800 Anak Yatim

Ia menceritakan kisah Nabi Muhammad SAW yang sejak kecil juga yatim piatu. Anak-anak yang bernasib serupa diminta meniru pribadi Nabi besar itu. Sebab, terkadang Allah memberikan ujian yang tak bisa dihindari.

"Kalau kita lihat perjalanan Nabi Muhammad, sama dengan adik-adik sekalian. Pada usia tersebut, harus hidup dengan pamannya. Tapi beliau adalah orang yang sabar, tetap menggantung cita-cita tinggi, dan membangun harapan," kata Tommy.

Baca juga: Kebahagiaan Para Yatim dalam Buka Puasa Bersama Metro TV

Karena itu, ia mengatakan keadaan sebagai anak yatim tak boleh mematahkan semangat. Anak-anak yang hadir harus bisa bercita-cita tinggi dan tak melupakan agama.

"Maka jangan patah semangat, jangan berhenti sekolah dan salat. Karena itulah bekal mencapai masa depan yang lebih baik," jelas Tommy.

Baca juga: 600 Anak Yatim Buka Bareng di Kompleks Metro TV

Selain pembukaan singkat, rangkaian acara berbuka bersama juga diisi dengan pertanyaan dan permainan dengan memperebutkan total hadiah 21 unit sepeda. Antusiasme anak-anak sangat terlihat saat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Setelah berbuka dengan berbagai macam hidangan yang telah disediakan, setiap anak mendapatkan bingkisan Ramadan, peralatan sekolah, dan santunan berupa uang tunai.





(MBM)