Warga Depok Dilarang Konvoi saat Malam Takbiran
Ilustrasi. Sejumlah remaja naik ke atas mobil saat konvoi untuk merayakan malam takbiran pada 2012 lalu. (MI IMMANUEL ANTONIUS)
Depok:Masyarakat di Kota Depok, Jawa Barat, dilarang tidak melakukan konvoi saat malam takbir, menjelang Hari Raya Idulfitri 1439 H. Masyarakat diminta untuk khusyuk beribadah di masjid atau di rumah. 

"Ini untuk mencegah gangguan kamtibmas, juga mencegah kerawanan-kerawanan," ungkap Kapolresta Depok Kombes Pol Didik Sughiarto di Mapolresta, Jalan Margonda, Kota Depok, Jawa Barat, Rabu 13 Juni 2018.


Didik menuturkan, konvoi di jalan dapat menimbulkan potensi perselisihan yang berujung gangguan keamanan. Pihaknya telah menyiapkan strategi pengamanan saat malam takbir. 

"Tetap kita lakukan pengamanan-pengamanan. Baik itu di titik simpul jalan maupun juga memantau, memonitor kegiatan tersebut sehingga tidak terjadi potensi perselisihan, kerawanan dengan pihak-pihak yang lain," bebernya.

Dia menegaskan, bakal menindak masyarakat yang bandel tetap melakukan konvoi saat malam takbir. Pihaknya telah menyiapkan langkah persuasif.

"Kita berupaya secara humanis," singkat dia.

Selain itu, pada malam takbir pun pihaknya juga tetap memantau aksi premanisme, peredaran minuman keras, juga tawuran, dan kejahatan jalanan. Dia beranggapan, aksi  kriminal diawali salah satunya dari minuman keras. 

"Ini setiap malam kita lakukan razia minuman keras untuk kita lakukan penindakan. Ini juga untuk mencegah potensi dan kerawanan kejahatan yang terjadi," pungkasnya.




(LDS)