Kemenhub-PMI Bersinergi untuk Angkutan Lebaran
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau kesiapan sarana dan prasarana jelang angkutan Lebaran, di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur. Foto: Antara/Risky Andrianto.
Jakarta:Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meneken nota kesepahaman (MoU) dengan Palang Merah Indonesia (PMI). Kerja sama itu untuk terkait angkutan Lebaran 2018 yang bukan sekadar meningkatkan kemitraan antarlembaga.

"Tetapi juga meningkatkan kapasitas building dari masing-masing anggota lembaga tentang nilai-nilai kemanusiaan, prinsip-prinsip dasar gerakan internasional Palang Merah," kata Budi di Halaman Parkir Utama Stasiun Besar Gambir, Jakarta Pusat, Kamis, 7 Juni 2018.


Menurut dia, kerja sama itu adalah upaya yang pertama kali dilakukan dalam mudik Lebaran. Dia mengharapkan pembinaan PMI dalam mudik Lebaran dapat diterapkan ke depan.

"Mudik Lebaran mulai hari ini sampai dengan H+7. Mudik Lebaran memang sangat membutuhkan dukungan dari PMI karena ini menjadi kolaborasi anak bangsa untuk membuat mudik lebaran yang bahagia, mewujudkan hidup rukun bagi para pemudik," tutur dia.

Sementara itu, Ketua Bidang Kesejahteraan Sosial PMI Farid Husain menyatakan, selain bekerja sama dengan Kemenhub, pihaknya juga bekerja sama dengan pihak lain terkait mudik Lebaran. Salah satunya dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) dalam pelaksanaan pos terpadu.

Baca:Mudik Gunakan Motor Membahayakan Keselamatan Anak

"Kemudian mengadakan rumah sakit dan klinik dengan bekerja sama dengan Kemenkes (Kementerian Kesehatan) untuk kesiapan fasilitas kesehatan di daerah. Mempromosikan mobile aplikasi pertolongan pertama dan cara menjaga kesehatan bagi pemudik," tutur Farid. 

Penandatanganan MoU ini pun diikuti pejabat negara terkait. Kegiatan dihadiri Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla jajaran staf PMI dan siswa binaan PMI, juga Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro.



(OGI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id