Takbir Keliling Diimbau tak Bawa Petasan
Memasuki Ramdan penjualan petasan dan kembang api mulai mengalami peningkatan karena banyak diburu masyarakat. (MI/Angga Yuniar/BD)
Jakarta:Kapolres Jakarta Pusat Kombes Roma Hutajulu mengimbau masyarakat tidak membawa petasan maupun mercon saat malam takbir. Seluruh kegiatan takbir keliling bakal mendapat pengawalan petugas. 

"Kami imbau supaya tidak usah membawa mercon karena ini akan memancing dan jadi trigger untuk adanya tawuran di malam takbir," ujar Roma usai apel personel di Monas, Kamis, 14 Juni 2018. 


Dia mengatakan polisi hanya perbolehkan takbir keliling dilakukan oleh kelompok organisasi masyarakat yang telah memiliki izin saat hendak melakukan konvoi kendaraan. Selebihnya kendaraan yang memasuki kawasan Jakarta Pusat bakal dialihkan ke wilayah sebelumnya. 

"Untuk takbir yang sudah melaporkan akan kami prioritaskan, tapi kalau takbir-takbir yang belum laporkan kami akan berikan pemahaman agar mereka kembali ke rumah masing-masing," papar dia.

Pengawalan bakal melekat pada kelompok ormas yang telah berkoordinasi. Kebijakan itu dimaksudkan untuk kesiapan pengalihan arus lalu lintas bila terjadi kepadatan.

"Pengawalan dilakukan di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin, akan melalukan pengalihan arus kalau terjadi kemacetan yang luar biasa," ucap dia. 

Roma memastikan objek vital yang berada di wilayah tugasnya bakal dijaga ketat. Oleh karenanya kehadiran konvoi masyarakat bakal jadi fokus perhatian dengan koordinasi bersama pemerintah setempat. 

"Untuk melaksanakan takbir sebaiknya di tempat masing-masing supaya bejalan dengan aman dan kondusif, kemudian situasi di sepanjang Sudirman Thamrin tidak terjadi stagnan lalu lintas," pungkas dia.



(SCI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id