Warga menukarkan uang receh di Bank BRI Cabang Jepara, Jawa Tengah. Medcom.id/Rhobi Shani
Warga menukarkan uang receh di Bank BRI Cabang Jepara, Jawa Tengah. Medcom.id/Rhobi Shani

Warga Jepara Mulai Ramai Tukarkan Uang

Ramadan penukaran uang Idulfitri 1439 H
Rhobi Shani • 17 Mei 2019 13:53
Jepara: Antusiasme warga menukarkan uang baru terus meningkat. Penukaran uang baru sudah nampak sejak awal Ramadan. Setiap hari Bank BRI Cabang Jepara melayani kurang lebih 80 penukar uang baru pecahan kecil.
 
Asisten Manajer Operasional Bank BRI Cabang Jepara, Agus Heri menyampaikan, sejak 9 Mei 2019, sudah banyak warga Jepara yang melakukan penukaran uang receh baru. Pihaknya sudah dua kali menerima kiriman uang receh dari BI. Pertama pada 8 Mei 2019 dan 15 Mei 2019.
 
Droping dari BI yang pertama sebesar Rp1,62 miliar. Yang kedua sebesar Rp 1,22 miliar. Seluruhnya terdiri dari pecahan Rp20 ribu, Rp10 ribu, Rp5.000, Rp2.000 dan Rp1.000,” ujar Agus, Jumat, 17 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setiap orang yang menukar uang dibatasi sebanyak Rp3,8 juta. Ini untuk menghindari monopoli penukaran oleh satu orang dan memberikan keadilan ke warga lain.
 
Kantor Cabang BRI Jepara menyebut penukaran uang pecahan kecul bisa dilakukan di 20 unit yang tersebar di seluruh Bumi Kartini.
 
“Kemungkinan masih ada droping uang pecahan dari BI dua kali. Jadi total untuk bulan Ramadan ini ada empat kali. Penukaran uang ini tidak dikenakan biaya tambahan,” ungkap Agus.
 
Seorang penukar uang, Ratna mengatakan, sengaja menukarkan uang jauh hari sebelum lebaran. Itu agar tidak terlalu mengantre di loket penukaran. “Ini menukarkan uang untuk nanti pas lebaran, untuk dibagi-bagikan kepada keponakan-keponakan saya,” ujar gadis berhijab itu.
 
Ratna memilih menukarkan uang di bank lantaran tidak ada biaya potongan. Selain itu, keaslian uang terjamin.
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif