Sebelum Mudik Perhatikan Stiker Uji Kelayakan di Bus
Ilustrasi stiker lulus uji kelayakan di bus. (ANT/ Indrianto Eko Suwarso )
Bogor:Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor memeriksa kelaikan kendaraan (ramp check) bus, di terminal dan perusahaan otobus (PO) menjelang arus mudik Lebaran 2018. Ramp checkdilakukan bertahap. 

“Kami imbau bagi masyarakat yang akan menggunakan bus, untuk melihat apakah di bus tersebut sudah di pasang stiker ramp check atau belum. Kalau belum lebih baik tidak usah naik,” ujar Kepala Dishub Kota Bogor Rakhmawati kepada Medcom.id, Bogor, Jawa Barat, Kamis 7 Juni 2018.


Dia melanjutkan, pengecekan bus untuk mudik Lebaran sudah berjalan sejak 25 Mei 2018 lalu. Setiap harinya, sedikitnya ada lima bus yang ditempel stikerramp check karena lolos uji kelaikan. 

Rakhmawati menjelaskan, ramp check difokuskan pada tiga unsur yakni administraso, teknis, dan penunjang. Administrasi meliputi SIM Umum, STNK, Surat Tanda Uji Kelayakan (STUK), dan kartu pengawas. 

Sedangkan unsur teknis, mencakup sistem penerangan, pengereman, dan kelaikan ban depan juga ban belakang kendaraan. 

“Unsur penunjang, yang akan diperiksa adalah pengukur kecepatan (spidometer), sabuk keselamatan pengemudi, kaca depan dan penghapus kaca depan (wiper), juga kaca spion dan klakson,” tuntasnya.



(LDS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id