Menhub Klaim Mudik Gratis Berhasil Turunkan Pemudik Bermotor
Menhub Budi Karya Sumadi saat mengunjungi Cirebon, Selasa 12 Juni 2018. (Foto: Ahmad Rofahan)
Cirebon:Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengklaim, jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor tahun ini, menurun hingga 12 persen. Dia menyebut, menurunnya angka pemudik sepeda motor adalah indikator keberhasilan mudik gratis. 
 
"Motor turun 12 persen, ini berarti imbauan kita dan juga program mudik gratis, berhasil,” kata Menhub di Cirebon, Jawa Barat, Selasa 12 Juni 2018.

Menhub menyampaikan, pihaknya terus berupaya menekan jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan bermotor. Salah satunya dengan meningkatkan program mudik gratis dan imbauan pengalihan moda transportasi saat mudik, yaitu menggunakan pesawat, kereta, kapal laut dan bus.


"Kita akan tingkatkan jumlah program mudik gratis," imbuhnya.

Budi menuturkan, perjalanan mudik menggunakan sepeda motor tidak ideal. Selain karena perjalanan yang panjang, juga membutuhkan waktu yang lama. 

Sehingga, mengganti moda angkutan adalah salah satu solusi untuk memperlancar arus mudik dan memberikan kemanan bagi masyarkat.

"Kita usahakan mudik dengan motor ini kita hindari," ujarnya.

Dia berupaya akan meningkatkan jumlah angkutan mudik gratis. Yakni angkutan bus akan ditingkatkan jadi 700 ribu, sebelumnya 300 ribu unit. Juga dengan kapal laut, yang sebelumnya 30 ribu menjadi 100 ribu. 

"Kita akan upayakan penambahan angkutan armada, untuk bisa mengurangi mudik dengan menggunakan motor," tandas Menhub. 



(LDS)