Tahun Ini, Jokowi Berlebaran di Bogor
Presiden Joko Widodo - ANT/Wahyu Putro A.
Bogor: Presiden Joko Widodo memastikan bakal merayakan Idulfitri 1439 Hijriah di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Ia juga akan menggelar open house.

"Lebaran di Bogor, salat Ied-nya di Bogor, open house-nya di Bogor," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Selasa, 12 Juni 2018.


Jokowi sebelumnya kerap keliling daerah saat Idulfitri. Lebaran pertama saat menjadi presiden, Jokowi merayakan Idulfitri di Banda Aceh.

Pada 2016, Jokowi kembali ke daerah. Ia berlebaran di Padang, Sumatera Utara. Ia juga sudah berlebaran di Jakarta.

"Lah kan kita di Padang pernah, di Aceh pernah. Tahun lalu di Jakarta sudah. Ya, tempat tinggal kita di Bogor, ya di Bogor tahun ini," ucap dia.

Ia memperbolehkan seluruh masyarakat untuk hadir dalam halal bihalal yang bakal digelar di Istana Kepresidenan Bogor. 

Pemerintah baru akan menentukan 1 Syawal melalui sidang isbat pada Kamis, 14 Juni. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin akan memimpin langsung sidang isbat Idulfitri 2018.

Sidang isbat akan dihadiri duta besar negara sahabat, Mahkamah Agung, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Kemudian, Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama, serta Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.





(REN)