Sejumlah pemudik mulai memadati Stasiun Gambir, Jakarta Pusat. (Foto: Medcom.id/Candra Yuri)
Sejumlah pemudik mulai memadati Stasiun Gambir, Jakarta Pusat. (Foto: Medcom.id/Candra Yuri)

Pengamanan di Stasiun Gambir Ditingkatkan

Ramadan Mudik Lebaran 2019
Candra Yuri Nuralam • 31 Mei 2019 11:51
Jakarta: Stasiun Gambir meningkatkan pengamanan pada arus mudik Lebaran 2019. Petugas yang dikerahkan merupakan gabungan TNI-Polri.
 
"Total ada penambahan pengamanan sebanyak 246 personel, terdiri dari TNI-Polri," kataHumas Daerah Operasional 1 Pt. KAI Eva Chaerunisa kepada Medcom.id, Jumat, 31 Mei 2019.
 
Sejumlah relawan, anggota Pramuka, customer service mobile dan petugas Palang Merah Indonesia (PMI) juga dikerahkan mengarahkan pemudik agar tak salah kereta. Semua petugas bekerja bergantian sesuai shift.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Eva mengatakan pihaknya juga menambah fasilitas untuk pemudik. Misalnya, menyediakan 12 unit mesin check in counter, menyiapkan satu ruang menyusui, tujuh unit ticket box, dan membuat satu pos kesehatan.
 
Mereka juga menyiapkan dua ruang tunggu istimewa, delapan unit loket go show dan pembatalan serta menyiapkan 15 toilet pria dan 17 toilet wanita tambahan. Dua unit lift di sisi utara, empat unit eskalator di sisi utara dan selatan, empat musala, parkiran untuk menambung 300 mobil dan 1.500 motor juga disiapkan.
 
Di sisi lain, Eva menilai meningkatnya jumlah pemudik menggunakan moda transportasi kereta api sangat positif. Hal itu menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap transportasi umum semakin tinggi.
 
"Tentunya positif ya, artinya banyak masyarakat yang menggunakan moda trasnportasi (kereta api) publik untuk mudik," tutur Eva.
 
Data yang diterima Medcom.id, pada pukul 08.00 WIB, Stasiun Gambir menyiapkan 46 kereta api. Terdiri dari 32 kereta api reguler, 12 kereta api tambahan dan dua kereta api ekstra.
 
Tercatat sebanyak 21.804 pemudik berangkat melalui Stasiun Gambir pada pagi ini. Secara kumulatif sejak 26-31 Mei 2019, masyarakat yang sudah berangkat melalui Stasiun Gambir ini sebanyak 109.776 orang.
 

(AZF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif