Kemenhub Lepas 9.810 Pemudik di Monas
Sekretaris Jenderal Kemenhub Djoko Sasono dalam pelepasan 218 unit bus yang memberangkatkan 9.810 pemudik secara gratis di halaman Monas, Jakarta. Foto: Dok. Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub
Jakarta:Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melepas 218 unit bus yang memberangkatkan 9.810 pemudik secara gratis. Mudik gratis yang mengusung tema 'Mudik Bareng Guyub Rukun Mudik Bahagia' itu dilepas oleh Sekretaris Jenderal Kemenhub Djoko Sasono di halaman Monumen Nasional (Monas).

218 bus itu akan mengantarkan ribuan pemudik menuju 18 kota di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Daerah tersebut yakni Purwodadi, Demak, Wonosobo, Pati, Magelang, Temanggung, Yogyakarta, Klaten, Wonogiri, Boyolali, Sragen, Wonosari, Blora, Solo, Jepara, Salatiga, Kudus, dan Semarang.


"Mudik kali ini mengalami peningkatan hampir 50 persen dari 2017. Sekarang 247 ribu (penumpang), artinya suatu hal yang patut kita syukuri," ujar Djoko di halaman Monas, Jakarta Pusat, Minggu, 10 Juni 2018.

Menurut dia, program mudik gratis langkah pemerintah untuk membantu masyarakat pulang ke kampung halaman dengan selamat, aman, dan nyaman. Masyarakat juga dinilai sudah bijak dengan memanfaatkan mudik gratis untuk mengurangi kemacetan pada arus mudik Lebaran 2018.

"Para peserta mudik adalah mereka yang berpikir cerdas, karena meninggalkan sepeda motor. Karena motor sangat rentan terhadap aspek keselamatan terutama untuk perjalanan jauh," ungkap Djoko.

Baca: Pemudik Menggunakan Motor Menurun 12%

Adapun pelepasan mudik gratis hari ini merupakan pemberangkatan tahap kedua. Ada lima tahap pemberangkatan mudik gratis Kemenhub mulai 9-13 Juni.

Pada tahap pertama, Kemenhub memberangkatkan 5.985 pemudik yang dilepas Djoko Sasono pada Sabtu, 9 Juni 2018. Di halaman Monas, Djoko memberangkatkan 113 bus.

Djoko menyampaikan, Kemenhub menyiapkan fasilitas mudik gratis dengan tiga sarana transportasi yakni bus, truk, dan kapal penyeberangan. Pada moda bus, total 1.130 unit dengan jumlah penumpang sebanyak 48.905 pemudik.

Untuk angkutan truk, ada 70 armada yang diberangkatkan. Truk-truk tersebut mengangkut 2.837 motor. Bus dan truk itu diberangkatkan melayani 32 kota tujuan di Pulau Jawa dan Sumatera.

Sedangkan moda penyeberangan meliputi tiga kapal dengan kapasitas angkut masing-masing sebanyak 1.000 orang dan 500 sepeda motor. Adapun rute pelayananya yaitu Jakarta-Semarang, Jakarta-Lampung, dan Jakarta-Surabaya.




(AZF)