Juru bicara Kemenhub Adita Irawati. Medcom.id/Fachri
Juru bicara Kemenhub Adita Irawati. Medcom.id/Fachri

Tarif Tol Belum Digratiskan Meski Macet, Ini Penjelasan Kemenhub

Fachri Audhia Hafiez • 29 April 2022 16:19
Jakarta: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menjelaskan perihal belum digratiskannya tarif tol. Padahal, kemacetan terjadi di sejumlah titik ruas jalan tol pada masa puncak mudik Lebaran 2022.
 
"Jadi yang namanya rencana tol digratiskan itu sebenarnya apabila sumber kemacetannya yang terjadi di pintu tol atau di gerbang tol," kata juru bicara Kemenhub Adita Irawati di Kantor Kemenhub, Jakarta Pusat, Jumat, 29 April 2022.
 
Adita mengatakan sumber kemacetan di gerbang tol itu bisa dipengaruhi sejumlah hal. Misalnya, kartu pembayaran elektronik pengendara tidak mencukupi dan membuat antrean kendaraan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lalu, diperparah dengan tidak ada petugas yang berjaga atau kurangnya kesiapsiagaan dari operator gerbang tol setempat. Sumber yang menghambat kendaraan di gerbang tol lainnya, yakni permasalahan di mesin pembaca kartu pembayaran elektronik.
 
"Nah ini yang kemudian dimaksud, ketika ini yang terjadi maka sangat mungkin diberlakukan gratis biaya tol," ucap Adita.
 
Baca: Menhub: Rekayasa Lalu Lintas Tekan Kepadatan di Tol
 
Adita menekankan kebijakan tersebut tetap pada diskresi Polri. Namun, kebijakan menggratiskan tarif tol belum diimplementasikan.
 
Terlebih, kata Adita, kemacetan yang terjadi imbas limpahan kepadatan dari beberapa titik seperti di rest area. Kendaraan sampai masuk ke bahu jalan dan menyebabkan kemacetan yang mengekor.
 
"Ini bukan terjadi masalah tempat pembayaran sebenarnya, tetapi karena lintasan dari kemacetan yang ada di depan. Sehingga, diskresi tentang menggratiskan biaya tol juga belum dilakukan," ujar Adita.
 

(AZF)
LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif