Satgas Pangan Pastikan Stok di Banten Aman saat Lebaran
Satgas pangan monitoring RPH Karawaci, kota Tangerang, Rabu 6 Juni 2018. (Foto: Farhan D)
Tangerang: Satuan tugas (Satgas) pangan Polda Banten bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Banten memonitor pasokan pangan ke sejumlah pasar, Bulog dan rumah potong hewan. Pantauan itu untuk memastikan bahan pangan untuk konsumsi Lebaran tersedia. 

Kasubdit Indag Ditkrimsus Polda Banten AKBP Atot Irawan mengatakan, pasokan beras, gula, daging dan sejumlah bahan kebutuhan pokok jelang Lebaran di kota Tangerang aman dan terkendali. 


Menurutnya, kenaikan sejumlah barang kebutuhan pokok saat ini masih dalam batas wajar. Mengingat kenaikan yang tak berbeda jauh dengan harga ecerat tertinggi (HET). 

"Untuk stok baik di Bulog yaitu beras, gula dan daging itu aman menjelang Lebaran 2018," kata dia, Rabu 6 Juni 2018. di rumah potong hewan, Karawaci, Kota Tangerang, Banten.  

Dia menuturkan , kenaikan sejumlah komoditas pangan yang terjadi saat ini masih dapat ditoleransi. Meski begitu, pihaknya akan menginvestigasi jika terdapat kenaikan harga yang melampaui HET yang sudah ditetapkan Pemerintah.

"Kenaikan ini tipe beras jenis medium, itu memang di beberapa lokasi masih ada kenaikan. Tetapi pemerintah melalui Bulog berusaha menstabilkan dengan operasi pasar, termasuk mengadakan bazar-bazar," imbuhnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Seksi Distribusi Disperindag Provinsi Banten Imam Santoso mengaku pasokan daging di Kota Tangerang aman. Dia juga memastikan harga daging hingga saat ini masih stabil sekitar Rp120 ribu per kilogram. 

"Belum ada lonjakan harga yang berarti, mudah-mudahan keadaan ini bisa terus dipertahankan," jelanya.

Menurutnya, pemerintah pusat melalui Bulog sudah melakukan berbagai upaya untuk menjaga pasokan dan harga di pasaran. 

"Sehingga masyarakat bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar dan lebaran dengan nyaman," pungkasnya.



(LDS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id