Jelang Ramadan Media Group Gelar Munggahan
Petinggi Media Group memeriahkan acara munggahan di Media Cafe, kompleks Metro TV, Rabu, 16 Mei 2018. Foto: Medcom.id/M Sholahadhin Azhar
Jakarta: Menyambut Ramadan 1439 hijriyah, Media Group menggelar munggahan di Media Cafe, kompleks Metro TV Kedoya. Dengan tema 'Memaknai Ramadan 1439 H dalam Situasi Kebangsaan Mutakhir', acara tersebut diisi Ustad M Arskal Salim, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Dirjen Pendidikan Islam Kemenag.

"Apa yang dilaksanakan Media Group adalah event bagaimana Keislaman kita di Indonesia. Tahrib Ramadan, bersuka cita atas Ramadan," kata Arskal membuka kajian, Rabu, 16 Mei 2018.


Ia menyebut Media Group memperkenalkan dan memopulerkan tradisi Indonesia yang tak ada di negara lain. Bagaimana budaya silaturahmi digabungkan dengan penyambutan bulan suci Ramadan.

"Kalau kita lihat, di negara lain enggak ada seperti ini. Kita menggaungkannya antara tradisi keagamaan dan tradisi keindonesiaan," imbuhnya.

Lebih lanjut, ia memaparkan bagaimana Ramadan mempererat ukhuwah antaragama. Sebab, hal tersebut bukan sesuatu yang baru. Umat-umat nabi sebelum Nabi Muhammad juga diperintahkan berpuasa.

Misalnya bagi Yahudi, umat dari Nabi Daud, atau masyarakat Kristen, umat Nabi Isa. "Di sini menunjukkan bahwa tradisi puasa menyatukan. Karena kita dengan umat beragama lain punya tradisi yang sama," kata Arskal.

Terakhir, ia mengingatkan bahwa Ramadan adalah momen mengendalikam diri. Contoh kecil dengan menyaring dan tabayun dalam mencerna informasi. Langkah ini dipercaya dapat mengurangi informasi bohong atau hoaks.

"Dengan puasa, kita harapkan kita bisa menahan diri. Contoh kecil dalam grup Whatsapp itu kita diuji. Harus bertabayun dan tak gampang mencerna info mentah-mentah," tandas Arskal.

Dalam munggahan kali ini, acara diawali dengan pembacaan surat Al-Baqarah dan pidato pembuka Presiden Direktur Metro TV Suryoprtomo. Acara lantas ditutup dengan ramah tamah, bersalaman antarpegawai Media Group, dan jamuan.

Ratusan karyawan Media Group merayakan acara munggahan ini. Tampak guyub di kerumunan, petinggi Media Group yakni Pemimpin Redaksi Metro TV Don Bosco Selamun dan Pemimpin Redaksi Medcom.id Abdul Kohar.



(UWA)