Warga Antusias Mudik Gratis dengan Kapal
Kapal Ro-Ro yang akan mengantar pemudik di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakut. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana.
Jakarta:Ratusan penumpang memadati Terminal Penumpang Dermaga Ex Presiden Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Rombongan mudik gratis gelombang terakhir diberangkatkan hari ini.

Pantauan Medcom.id, banyak pemudik yang akan menumpangi kapal roll on-roll off(Ro-Ro) mendaftar ulang di pintu masuk. Setelah itu, pemudik diarahkan untuk menunggu keberangkatan di tenda yang telah disediakan.


Riki, seorang pemudik yang memboyong keluarganya, mengapresiasi fasilitas mudik bareng gratis dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Ia mengaku baru pertama kali mengikuti program ini.

"Alhamdulillah ya, dengan mudik gratis ini saya bisa pulang dengan anak istri ke Semarang (Jawa Tengah)," kata Riki di Dermaga Ex Presiden, Rabu, 12 Juni 2018.

Rombongan Riki akan berlayar pukul 13.00 WIB. Meskipun begitu, dia lebih memilih berangkat lebih pagi. 

"Saya sudah di dermaga ini dari pukul 08.00 WIB. Lebih cepat lebih baik, nanti saya ketinggalan. Sudah gratis terus ketinggalan, lari-larian, kan malu," ungkap Riki.

Riki mudik sambil membawa sepeda motornya. Setelah turun di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, ia akan lanjut perjalanan ke Solo, Jawa Tengah, menggunakan motor. 


Pemudik mendaftar ulang sebelum mengikuti mudik gratis dari Kemenhub. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana.

Penumpang lainnya, Wahyu, mengaku sering mudik dari Jakarta ke Semarang menggunakan motor. Namun, tahun ini ia lebih memilih menggunakan fasilitas gratis dari Kemenhub.

"Sepertinya lebih enak naik kapal," ungkap dia.

Baca: Kendaraan di Exit Tol Bandar Mengular 2 Kilometer

Wahyu mengaku memilih mudik gratis dengan kapal ini lantaran syarat yang sangat mudah. Menurut dia, mudik gratis menggunakan kapal lebih untung karena menghemat biaya. 

"Syarat mudik gratis ini hanya KTP, SIM, STNK. Paling bikin tertarik karena gratisnya," ujar Wahyu. 






(OGI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id