Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi (tengah). (FOTO: Medcom.id/Husen Miftahudin)
Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi (tengah). (FOTO: Medcom.id/Husen Miftahudin)

1,42 Juta Pemudik Diprediksi Melintasi Merak-Bakauheni

Ramadan asdp Mudik Lebaran 2019
Husen Miftahudin • 22 Mei 2019 11:49
Jakarta: PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyebutkan lintasan Merak-Bakauheni masih tetap akan menjadi lintasan tersibuk selama periode Angkutan Lebaran 2019. Lintasan yang menghubungkan Jawa dan Sumatra ini diprediksi bakal dilintasi oleh 1,42 juta pemudik.
 
Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi mengatakan jumlah pemudik yang melintasi Merak-Bakauheni pada tahun ini mengalami kenaikan sekitar lima persen. Tahun lalu, jumlah pemudik yang melintasi Merak-Bakauheni sebanyak 1,35 juta.
 
"Lalu diikuti 108.894 unit sepeda motor atau naik lima persen dibandingkan tahun lalu sebanyak 103.709 unit. Kemudian roda empat yang diperkirakan mencapai 196.613 unit atau naik hingga 15 persen dibandingkan realisasi tahun lalu sebanyak 170.968 unit," jelas Ira dalam Media Gathering di Hotel Mercure Cikini, Jalan Cikini Raya, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa malam, 21 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebaliknya, lanjut Ira, pemudik dari Bakauheni menuju Merak diperkirakan akan dilintasi 1,29 juta orang. Jumlah ini juga naik sekitar lima persen dibandingkan tahun lalu sebanyak 1,23 juta orang.
 
Kemudian roda dua sebanyak 92.269 unit atau naik lima persen dibandingkan realisasi tahun lalu sebanyak 87.876 unit, dan roda empat sebanyak 179.629 unit atau naik 15 persen dibandingkan realisasi tahun lalu sebanyak 156.199 unit.
 
"Namun demikian, kami pastikan kapasitas muatan kapal yang terpasang memadai, karena telah kami asumsikan kenaikan volume hingga 15 persen dibandingkan tahun lalu," tegasnya.
 
Sementara itu, beban puncak dari Merak terjadi diprediksi terjadi pada H-4 dan H-3 dengan 33 ribu unit kendaraan. Kapasitas kapal terpasang yang disediakan mencapai 38 ribu unit.
 
Untuk roda empat diperkirakan melonjak pada H-5, H-4, dan H-2, dengan rata-rata 18.020 unit kendaraan per hari. Sedangkan rata-rata kapasitas kapal terpasang sebanyak 37.420 unit kendaraan per hari.
 
"Pada H-5 hingga H+5 akan dioperasikan kapal-kapal berukuran besar, serta penetapan dermaga khusus sepeda motor, yakni di Merak dermaga VII dan di Bakauheni dermaga VI," ungkap Ira.
 
Ira mengimbau para pemudik mempersiapkan kondisi tubuh sebelum berangkat menuju kampung halaman. Bila menggunakan kendaraan pribadi, diharap agar selalu mengecek kondisi kendaraan.
 
"Bagi pemudik yang akan melanjutkan perjalanan darat dari Bakauheni menuju kota lainnya di Sumatra, agar dapat mempersiapkan perjalanannya dengan baik, termasuk mengisi bahan bakar cukup untuk sampai di tujuan," tutup dia.
 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif