Jasa Marga Semarang Prediksi Peningkatan Kendaraan Arus Mudik 144 Persen

Budi Arista Romadhoni 05 Juni 2018 13:02 WIB
Mudik Lebaran 2018
Jasa Marga Semarang Prediksi Peningkatan Kendaraan Arus Mudik 144 Persen
Kepadatan di Pintu Tol Manyaran, Kota Semarang. (Medcom.id/Budi Arista)
Semarang:Kepadatan puncak arus mudik Lebaran di Gerbang Tol Manyaran, Kota Semarang, Jawa Tengah, diprediksi terjadi pada H-5 atau pada 10 Juni 2018. Diperkirakan, terdapat 40.229 kendaraan yang melintas di Gerbang Tol Manyaran, atau mengalami kenaikan 144 persen dari hari normal. 

General Manager Jasa Marga Cabang Semarang Johannes Mancelly mengatakan, pihaknya berupaya mengatur arus lalu lintas agar tidak terjadi kepadatan. Khususnya di sekitar Gerbang Tol Manyaran, mulai dari pertigaan Krapyak.


"Untuk khusus Gerbang Manyaran, kami melakukan peningkatan kapasitas transaksi. Tahun lalu ada delapan gardu, sekarang jadi 12 gardu," katanya di Semarang, Selasa, 5 Juni 2018. 

Dia menuturkan, peningkatan aksesibilitas berpotensi wiping antara lajur utama dengan Kalipancur. Sehingga, akan dibuat jalur khusus dari Kalipancur.  

"Alternatif lainnya, on ramp Kalipancur kami tutup kalau lalu lintas ke arah Gerbang Manyaran tinggi," imbuhnya.

Dia melanjutkan, rekayasa lalu lintas pun telah disiapkan saat terjadi kepadatan di pertigaan Krapyak. Rekayasa yang dilakukan yakni peningkatan kapasitas dan aksesibilitas gerbang tol, optimalisasi transaksi non tunai, penambahan sistem informasi dan komunikasi juga optimalisasi kapasitas jalur. 

Johannes menjelaskan, sejumlah kebijakan terkait kepadatan di pertigaan Krapyak menuju Gerbang Tol Manyaran diambil untuk melayani pemudik. Selain itu, pelebaran lajur eksisting dan pemberlakuan contra flow dari Krapyak menuju Gerbang Tol Manyaran juga dilakukan. 

Lebih lanjut lagi, pihaknya nanti akan memantau dan berkoordinasi dengan Jasa Marga Semarang-Batang dan pihak kepolisian soal pengalihan arus lalu lintas di wilayah Kaliwungu, Kendal. 

"Bila terjadi kepadatan di Exit Tol Kaliwungu,  penumpukan kendaraan akan terjadi di Krapyak. Kami perlu pisahkan arus dari tol Semarang-Batang yang akan masuk ke Gerbang Tol Manyaran," tandasnya.



(LDS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id