Acara Milineal Masjid, di kawasan Radio Dalam, Jakarta Selatan. Foto: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo,
Acara Milineal Masjid, di kawasan Radio Dalam, Jakarta Selatan. Foto: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo,

Generasi Muda Perlu Memakmurkan Masjid

Ramadan masjid
Kautsar Widya Prabowo • 19 Mei 2019 02:29
Jakarta: Pemuda Remaja Islam Masjid Al Amin (Prisma) memiliki cara tersendiri untuk dapat menarik minat anak muda untuk meramaikan masjid. Salah satunya mengubah stigama masjid tidak hanya diperuntukan tempat beribadah, melainkan dapat dijadikan sebagai ladang penghasilan.
 
"Saya berkontribusi agar anak muda ke masjid tidak hanya beribadah, bagaimana mereka memiliki ide-ide kreatifitas yang bisa disalurkan, di kampus atau di masjid," ujar
Ketua Prisma Vinto Krisber dalam acara Milineal Masjid, di kawasan Radio Dalam, Jakarta Selatan, Sabtu, 18 Mei 2019.
 
Ia bersama rekan-rekan dari Prisama mengadakan tausiah yang diselinggi dengan acara hiburan bernuansa anak muda. Kegiatan tersebut juga ikut memberikan bantuan sosial berupa 1000 kantong beras kepada masyarkat sekitar yang dirasa tidak mampu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ya ingin memberikan (pemikiran) ini loh anak muda tidak hanya dakwah, tapi kita menyalurkan ide-ide, membahagiakan warganya dengan membuat acara yang dimana ada hiburan, ada sosialnya," imbuhnya.
 
Dalam mengajak anak muda untuk dapat ikut memakmurkan masjid dengan ide kreatifitasnya, Prisma berada dibawah naungan dari Indonesia Islamic Youth Economic Forum (ISYEF). Orgnisasi tersebut bersama Prisama saat ini tengah fokus mengembangkan ekonomi kerakyatan di masjid.
 
Salah satu contoh dari langkah tersebut, dengan berdirinya ISYEF point di Masjid Cut Mutia, Jakarta Pusat, yang merupakan kedai kopi. Bisnis tersebut rupanya tengah coba dikembangan di kota-kota besar, seperti Makasar, Medan hingga Bandung.
 
"Gimana bisnis ekonomi ini (dapat berguna) terhadap masjid, bagaimana kita berkontribusi pada Dewan Masjid Indonesia dan ISYEF untuk masjid tidak hanya tempat ibadah, ada bisnisnya itu isinya anak-anak muda," tambanya.
 
Ditemui ditempat yang sama Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Rudiantara mengapresiasai generasi muda yang telah meberikan warna baru terhadap beberap masjid. Dengan menarik anak muda ikut menggerakkan roda perekonomian dilingkungan masjid.
 
"Bagaimana memakmurkan masjid dan dimakmurkan oleh masjid, bagaimana membawa kontribusi kepada masyarakat setempat, jangan hanya kencelengnya banyak, bangunanya mewah tapi penduduknya susah," pungkasnya.
 

(BOW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif