Masjid Istiqlal Telah Distribusikan Zakat Fitrah Rp200 Juta
Pembagian zakat fitrah di Masjid Istiqlal. Medcom.id/ Muhammad Al Hasan
Jakarta: Masjid Istiqlal telah mengumpulkan zakat fitrah sebesar Rp200 juta dari masyarakat. Zakat tersebut langsung didistribusikan usai buka puasa di hari terakhir Ramadan.

"Zakat sudah dibagikan tadi begitu buka puasa. Mereka (orang yang berhak) datang, kami bagi kupon kepada para mustahiq itu," kata Kepala Bidang Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah saat ditemui di Masjid Istiqlal pada Kamis, 14 Juni 2018.


Ia menjelaskan mayoritas masyarakat membayarkan zakatnya dalam bentuk uang. Namun panitia membagikannya pada yang berhak menerima dalam bentuk beras.

Ia menambahkan pembagian zakat dengan senilai 200 juta itu didapatkan karena mayoritas masyarakat menyumbangkan zakatnya dalam bentuk uang. Sehingga uang itu diestimasikan oleh panitia ke dalam bentuk beras. 

"Dana yang terkumpul sekitar 200 juta dana itu kami jadikan beras. Ada satu dua orang memakai beras tapi gak banyak," kata Abu.

Ia mengatakan tidak ada kendala dalam pembagian zakat fitrah. Setiap tahunnya pembagian cepat tanpa ada kericuhan. "Cepet selesai kalau zakat fitrah mah, besok sudah enggak ada lagi," ujar dia.

Terkait pembagian zakat yang dinilai lebih awal Abu menambahkan bahwa hal ini lebih disebabkan karena panitia juga harus berkonsentrasi pada momen nasional tahunan yaitu Salat Idul Fitri berjamaah di Masjid Istiqlal. Apalagi Kementrian Agama telah resmi mengumumkan Hari Raya Idulfitr jatuh pada Jumat besok.

Adapun operasional penerimaan zakat masih dibuka oleh panitia penerimaan zakat Masjid Istiqlal hingga pukul 21.00 WIB. Besok Istiqlal sudah tidak menerima sumbangan zakat




(SCI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id