Puncak Arus Mudik Diprediksi Besok
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat berkunjung ke Cirebon, Jabar. (Foto: Ahmad Rofahan)
Cirebon:Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkap, puncak arus mudik yang diprediksi hari ini belum terbukti. Dia mengatakan, dari hasil pantauanya ada peningkatan intensitas kendaraan namun belum mencapai puncak.  

"Analisis awal memang hari ini puncaknya, tapi sepertinya bukan," kata Menhub di Cirbeon, Jawa Barat, Selasa 12 Juni 2018.


Budi menuturkan, analisis puncak arus mudik dilakukan sebelum adanya penetapan cuti bersama oleh pemerintah. Tapi, adanya cuti bersama membuat pemudik tidak menggunakan waktu yang sama untuk perjalanan mudik.  

"Setelah adanya pengumuman cuti bersama, puncak arus mudik ternyata terjadi pada H-7 dan H-6. Besok juga masuk kategori puncak, namun tidak begitu maksimal,” jelasnya.

Budi meminta kepolisian dan Dinas Perhubungan untuk memfasilitasi tempat istirahat bagi pemudik bermotor. Karena, cuaca Pantura sangat panas dan diperlukan tempat istirahat bagi para pemudik bermotor.

“Tadi di Losarang, ada tempat istirahat yang bisa menampung 600 kendaraan. Saya minta kepada Kapolres dan Dishub, untuk bisa memfasilitasi tempat istirahat. Karena saat ini cuacanya sangat panas,” pungkasnya.



(LDS)