563 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta
Mudik. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal.
Jakarta:Sebanyak 563 ribu kendaraan tercatat meninggalkan Jakarta Selama musim mudik. Mereka bertolak keluar Ibu Kota melalui Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama, Jawa Barat, sejak akhir pekan lalu.

"Hingga Selasa, 12 Juni, terpantau 563.083 kendaraan telah keluar dari Jakarta melalui Gerbang Tol Cikarang Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek," kata Customer and Employee Relations Manager PT Jasa Marga Faiza Riani dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 13 Juni 2018.


Faiza mengatakan jumlah ini meningkat dari volume lalu lintas normal. Biasanya, dalam rentang waktu yang sama, kendaraan yang melintas rata-rata 402.672 kendaraan. 

Jasa Marga juga mencatat distribusi lalu lintas dari GT Cikarang Utama ke jalur utara melalui GT Palimanan dan GT Cikampek sebesar 60 persen, sedangkan kendaraan yang menuju jalur selatan melalui GT Sadang dan GT Cileunyi sebesar 40 persen. 

Khusus kemarin, Jasa Marga mencatat 104.690 kendaraan meninggalkan Jakarta melalui GT Cikarang Utama. Angka tersebut naik 55,99 persen dari volume lalu lintas normal, yakni 67.112 kendaraan.

Jasa Marga memprediksi 89.838 kendaraan akan meninggalkan Jakarta hari ini. Dengan begitu, volume lalu lintas akan meningkat 33,86 persen dari waktu normal. 

Sejumlah titik di Jalan Tol Jakarta-Cikampek terpantau masih padat hingga siang ini. Misalnya, di dekat lokat rest area dan kawasan yang terjadi penyempitan lajur. 

Baca:19 Ribu Pemudik Bertolak via Gambir

Jasa Marga dan kepolisian masih memberlakukan sistem lawan arus dari kilometer (km) 35+600 hingga km 61+500. Buka tutup arus lalu lintas ke GT Cikarang Barat 3 untuk masuk kembali melalui GT Cikarang Barat 1 juga masih dilakukan.

"Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol yang hendak melakukan mudik untuk memastikan kecukupan saldo uang elektronik sebelum memasuki jalan tol. Layanan top up tunai di gerbang tol hanya dilakukan dalam kondisi darurat," ujar Faiza.



(OGI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id