Suasana bengkel bua AKAP. Medcom.id/ Rhobi Shani
Suasana bengkel bua AKAP. Medcom.id/ Rhobi Shani

Pengusaha dan Awak Kendaraan Diusulkan Dapat Insentif Akibat Larangan Mudik

Ramadan Mudik Lebaran Kementerian Perhubungan DPR RI Ramadan 2021 Idulfitri 2021
Antara • 21 April 2021 10:06
Jakarta: Legislator mengusulkan pemerintah memberikan insentif kepada awak dan perusahaan angkutan yang terdampak kebijakan larangan mudik. Mereka ialah kelompok paling terdampak dan terbebani kebijakan tersebut.
 
“Pemerintah harus meringankan beban para awak kendaraan, mulai dari sopir hingga kondektur, karena sebagian besar adalah pekerja harian. Beban mereka sudah sangat berat sejak pandemi,” ujar anggota Komisi V DPR Toriq Hidayat Hidayat dalam keterangan tertulis, Rabu, 21 April 2021.
 
Selain ke awak kendaraan, insentif juga harus diberikan kepada pengusaha angkutan umum. Organisasi Angkutan Darat (Organda), kata Toriq, berkeluh kesah ke dewan dan kementerian terkait soal sejumlah biaya yang tidak bisa dihapus walau mereka harus berhenti beroperasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemerintah diusulkan menerbitkan kebijakan keringanan beban kredit bagi operator bus untuk menekan pengeluaran. "Mereka tidak bisa menghindari biaya operasional yang tetap keluar seperti perawatan, onderdil, dan gaji pekerja," kata Toriq.
 
Baca: Menkeu Diminta Cairkan THR PNS H-10
 
Sebelumnya, Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Pusat Djoko Setijowarno menyebut pemerintah perlu membantu sektor transportasi Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Salah satunya untuk 'mengakali' tunjangan hari raya (THR) bagi awak kendaraan yang tak dapat bekerja saat Idulfitri.
 
"Pemerintah dapat membantu memberikan bantuan langsung tunai pengemudi angkutan umum bus AKAP," kata Djoko.
 
Djoko menilai pengusaha dan awak di sektor transportasi darat perlu diberi semacam skema bantuan. Sebab, pengemudi bus AKAP kerap tidak mendapat gaji bulanan dan hanya diberi upah setiap kali mengemudi kendaraan.
 

(SUR)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif