ILUSTRASI: Kurma/Pixabay/rawpixel
ILUSTRASI: Kurma/Pixabay/rawpixel

Buka Puasa Bareng Nabi

Ramadan kisah ramadan Ramadan 2019 Berkah untuk Semua
Sobih AW Adnan • 11 Mei 2019 16:28
Jakarta: Di pagi yang tenang, Rasulullah Muhammad saw. mengutus seseorang untuk memanggil Utsman ibn Affan, sahabatnya yang dikenal dermawan.
 
Setelah Utsman tiba, Nabi menyambutnya seraya berkata, "Wahai Utsman, mudah-mudahan Allah swt. memakaikanmu sebuah pakaian (memberi amanat sebagai khalifah). Dan jika orang-orang munafik ingin melepaskan pakaian itu, janganlah engkau lepaskan sampai engkau bertemu denganku (wafat)."
 
Nabi mengulangi ucapannya sebanyak tiga kali.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Waktu pun bergulir cepat. Kini, sudah dua dekade lebih Rasulullah berpulang. Sementara rindu di dada Utsman begitu membuncah. Beruntung, akhirnya Nabi mendatangi Utsman, meski cuma dalam mimpi.
 
"Aku berjumpa dengan Rasulullah Muhammad di dalam mimpi. Beliau mengatakan, ‘Wahai Utsman, berbukalah bersama kami," ucap Utsman dalam khotbahnya, penuh semringah.
 
Keesokan harinya, tersiar kabar beberapa pemberontak menerobos ke dalam rumah dan menusuk Utsman ketika tengah mengisi hari-hari puasanya dengan bertadarus Alquran. Sahabat berjuluk Zun Nurain itu pun syahid. Kerinduannya berjumpa Rasulullah Muhammad terpenuhi.
 
Sumber: Disarikan dari hadis riwayat Hakim dalam Al-Mustadrak ala ash-Shahihain, serta kisah dari Al-Bidayah Wa An-Nihayah karya Imam Ibnu Katsir.
 

(SBH)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif