Kesaksian Sahabat Rasul Ihwal Keutamaan Hari Rabu
Ilustrasi: Masjid Al-Fath merupakan bagian dari Masjid Sab'ah/wallpapers[dot]ae
Jakarta: Jabir ibn Abdillah, seorang sahabat Nabi Muhammad saw. itu mengenang bahwa Rasulullah pernah berada di Masjid Al Fath selama tiga hari. Di masjid yang terletak di perbatasan barat laut Kota Madinah itu, Nabi mulai salat dan berdoa sejak Senin, hingga Rabu tiba.

Nabi, kata Jabir, teramat khusyuk memanjatkan doa di setiap rentang zuhur dan asar. Lantas, di hari ketiga itulah muncul sesuatu yang tampak istimewa. Rasulullah keluar dengan wajah yang begitu semringahnya.

"Maka tidaklah turun kepadaku suatu perkara yang penting kecuali aku memilih waktu ini (Rabu) untuk berdoa, dan aku mendapati doaku terkabul," kata Jabir.

Sahabat Abu Hurairah juga menceritakan, bahwa Rasulullah saw. pernah memegang tangannya seraya menjelaskan bahwa hari Rabu adalah waktu diciptakannya cahaya oleh Allah swt. Nabi bersabda;


"Allah menciptakan tanah pada hari Sabtu, dan Dia menciptakan di dalamnya gunung pada hari Ahad, menciptakan pepohonan pada hari Senin, dan menciptakan bahan-bahan mineral pada hari Selasa, serta menciptakan cahaya pada hari Rabu... "

Sumber: Disarikan dari hadis riwayat Imam Ahmad dalam al Adab al Mufrad karangan Imam Bukhari, dan sebuah hadis dalam Al Jami' as Shaghir karya Syeikh Jalaluddin as Suyuthi.



(SBH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id