Puncak arus balik Lebaran 2019. (ANT/Rivan Awal Lingga)
Puncak arus balik Lebaran 2019. (ANT/Rivan Awal Lingga)

Kecelakaan Mudik Menurun, Korlantas Tetap Gelar Evaluasi

Ramadan arus balik arus mudik
11 Juni 2019 19:28
Jakarta: Korlantas Polri akan mengevaluasi pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2019. Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri mengaku, masih ada kekurangan yang perlu diperbaiki meski banyak mendapat apresiasi karena turunnya angka kecelakaan.
 
"Walau masih ada kekurangan, tentu akan menjadi evaluasi kami, untuk memberikan dan melakukan hal terbaik untuk masa yang akan datang," ujar Refdi, Selasa, 11 Juni 2019.
 
Rekayasa arus lalu lintas satu arah dan contra flow menjadi salah satu strategi Korlantas Polri, untuk mengurai kemacetan saat arus mudik dan balik Lebaran 2019. Tapi, Refdi menyadari, rekayasa lalu lintas berdampak kepadatan di sebagian pengguna jalan lain.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Refdi menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan dampak rekayasa lalu lintas itu. Dia meyakinkan, bahwa keputusan diambil dengan pertimbangan matang. Korlantas memilih dampak paling minim untuk kepentingan masyarakat yang lebih besar.
 
"Yakinlah semua telah dipertimbangkan dari berbagai faktor dan dampak lalin yang paling minimal akibat dari diberlakukannya rekayasa lalin, demi kepentingan bersama agar semuanya dapat berjalan lancar dan aman," ujar Refdi.
 
Refdi mengapresiasi pengguna jalan yang berlaku tertib selama perjalanan mudik dan balik. Refdi mengaku, kelancaran arus mudik dan balik berkat partisipasi masyarakat.
 
"Terima kasih kami sampaikan atas partisipasi , ketertiban dan kesabaran serta perhatian terhadap keselamatan oleh semua pengguna jalan," ucapnya.
 
Angka kecelakaan kendaraan roda empat maupun dua untuk arus mudik dan balik Lebaran 2019 menurun sekitar 62 persen ketimbang 2018 lalu. Hal itu berdasarkan catatan dari hasil Operasi Ketupat 2019.
 
Namun, Refdi prihatin masih ada masyarakat yang menjadi korban kecelakaan saat mudik. Dia menyampaikan bela sungkawa kepada korban.
 
"Kepada saudara-saudra kami yang mengalami kecelakaan dengan berbagai akibat yang ditimbulkan, tentu kami juga menyampaikan duka yang dalam, Semoga Allah yang maha kuasa senantiasa memberikan yang terbaik dari apa yang dikehendaki-Nya," tandas Refdi
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif