Pemudik Kereta Api di Malang Meningkat Ketimbang 2017
Suasana Stasiun Kota Baru Malang, Jawa Timur, Senin 11 Juni 2018. Medcom.id/Daviq Umar Al Faruq
Malang:Lonjakan penumpang kereta api jelang lebaran terjadi di Stasiun Kota Baru Malang, Jawa Timur. Peningkatan pemudik mencapai lima persen jika dibandingkan dengan musim mudik tahun lalu.

Kepala Stasiun Kota Baru Malang, Arief Nugroho mengatakan peningkatan pemudik tersebut berlangsung sejak Jumat, 8 Juni 2018 lalu. Pada hari itu, sebanyak 5.400 penumpang berangkat dari Stasiun Kota Baru Malang dan 4.000 penumpang turun.


"Peningkatan pemudik sebanyak lima persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Mayoritas pemudik dari Jakarta," katanya kepada Medcom.id, Senin, 10 Juni 2018.

Pada mudik lebaran kali ini, terdapat dua armada kereta api tambahan di Stasiun Kota Baru Malang. Kereta api Gajayana Lebaran dilengkapi sembilan gerbong dan kereta api Matarmaja Lebaran sebanyak delapan gerbong.

Selain itu juga terdapat satu gerbong prioritas yang digandeng dengan kereta api Gajayana. Gerbong prioritas ini kereta api wisata yang memiliki tempat duduk eksklusif berupa sofa dan dilengkapi televisi kecil.

"Tiket gerbong prioritas harganya 600 ribu hingga satu juta rupiah dan hanya tersedia untuk 20 orang saja. Mulai diberlakukan pada hari ini," lanjutnya.

Arus mudik kereta api berjalan aman dan tertib. Selain petugas KAI, pihaknya juga dibantu oleh TNI/Polri untuk melakukan pengamanan. Puncak arus balik diprediksi bakal terjadi pada H+3 lebaran.


 



(SUR)