Sebagian Sopir di Terminal Kalideres Terindikasi Hipertensi
Ombudsman sidak di Terminal Kalideres - Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.
Jakarta: Inspeksi mendadak yang digelar Ombudsman RI di Terminal Kalideres, Jakarta Barat menemukan sopir bus terindikasi mengidap hipertensi. Pihak terminal diminta lebih ketat dalam pemeriksaan medis pada sopir.

"Memang kalau dari tes medis pengemudi itu ada indikasi darah tinggi setelah melakukan perjalanan," kata Komisioner Ombudsman RI, Ninik Rahayu di lokasi, Selasa, 19 Juni 2018.


Ninik meminta posko kesehatan yang ada di terminal selalu memeriksa kondisi kesehatan sopir. Jika masih ada yang melakukan perjalanan, sopir diberi catatan khusus dari pihak medis.

"Nah kalau ada yang masih jalan dikasih catatan kalau dia masih dalam kondisi setelah diperiksa. Dokter juga memberi obat agar tensi sopir bus turun," ujar Ninik.

Dia juga meminta peran masyarakat untuk bisa memastikan pada pihak terminal, apakah sopir bus laik jalan atau tidak. Bisa pula ditanyakan mengenai penyakit yang diderita oleh sopir.

"Penumpang bisa memastikan apakah sopir punya penyakit, bisa ditanyakan dulu apakah sopir ini laik jalan juga atau tidak pada pihak terminal," ucap Ninik.
 



(REN)