Operasi Ketupat Terfokus di 10 Titik
Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto (tengah)/MTVN/Lukman Diah Sari
Jakarta:Pengamanan titik rawan kecelakaan musim mudik Idulfitri 2018 mulai diperketat. Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto masing-masing personel telah ditempatkan di lokasi.

"Ada 10 titik yang sudah diidentifikasikan oleh Korlantas dan itu akan menjadi konsentrasi dari pengamanan," ucap Setyo dalam diskusi persiapan pengamanan mudik Lebaran 2018 di Jakarta, Kamis, 7 Juni 2018.


Fokus pengamanan jalur darat berada di Tol Trans Jawa. Petugas bakal bersiaga terutama di pintu Tol Semarang serta tol fungsional yang ujungnya di Surabaya, Jawa Timur.

"Sekarang tol sudah selesai (dari Banten) sampai Semarang, bahkan sudah sampai tembus ke Surabaya sepanjang 760 kilometer. Hanya beberapa penggal masih menjadi fungsional tapi ini semua sudah kita siapkan," beber Setyo.

Baca: 177 Ribu Aparat Gabungan Mengamankan Mudik 2018

Ia meminta masyarakat menyiapkan diri agar selamat sampai kampung halaman. Kondisi keamanan rumah pun perlu dicek sebelum dibiarkan kosong selama mudik, termasuk memeriksa kondisi kendaraan.

"Kami dari Kepolisian mengimbau ke saudara kita yang mau mudik agar tidak menggunakan motor, motornya naik kereta api atau truk, orangnya naik bus," ucap dia.

Sekitar 177 ribu peprsonel diterjunkan menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat selama musim mudik. Ratusan personel itu merupakan aparat gabungan TNI, Polri, ormas, dan dinas terkait.



(OJE)