Peta Delapan Titik Macet di Sumenep
Ilustrasi macet saat mudik. (ANT/Oky Lukmansyah)
Sumenep: Polisi memetakan lokasi rawan macet di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Hasilnya, ada delapan titik macet yang diprediksi terjadi pada arus mudik-balik Lebaran 2018. Selain rawan macet, lokasi tersebut pun rawan kecelakaan dan kriminal. 

Adapun delapan titik tersebut yaitu di Pasar Pragaan (Kecamatan Pragaan), Pasar Bluto (Bluto), Pasar Lenteng (Kecamatan Lenteng), Pasar Ganding (Kecamatan Ganding), Pasar Anom (Kecamatan Kota), Pasar Gapura (Kecamatan Gapura), Pasar Psongsongan (Kecamatan Pasongsongan), dan Pasar Dasuk (Kecamatan Dasuk).


"Semua lokasi rawan macet itu merupakan pasar tumpah," ujar Kasubbag Humas Polres Sumenep, AKP Abd Mukid, Kamis, 7 Juni 2018.

Mukid menuturkan di sebagian lokasi rawan macet telah dibangun pos pengamanan. Selain untuk menjaga keamanan, petugas yang berjaga di pos tersebut akan mengurai kemacetan. 

Dia menjelaskan pihaknya telah menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk menghindari antrean. Dua lokasi yang direkayasa yaitu Pasar Pragaan dan Pasar Bluto. Sementara pasar lainnya tidak diperlukan rekayasa karena banyak jalan alternatif untuk menghindari macet.

"Kalau di hari pasaran, tempat-tempat itu macet sekali," tuturnya.

Dia mengimbau pengendara untuk mematuhi peraturan lalu lintas. Mukid mengingatkan pengendara sepeda motor untuk tidak membonceng lebih dari dua dan wajib memakai helm berstandar SNI. 

"Patuhi peraturan demi keselamatan diri sendiri," pungkasnya. 



(LDS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id