Penjagaan Jalur dan Lokasi Wisata di Yogyakarta Diperketat
Kepala Polda DI Yogyakarat Brigjen Ahmad Dofiri. Medcom.id/Ahmad Mustaqim
Sleman:Aparat kepolisian akan melakukan penjagaan ketat di lokasi rawan kecelakaan, khususnya di jalur wisata. Yogyakarta sebagai kota wisata diperkirakan akan ramai selepas hari raya Idulfitri.

Kepala Polda DIY Brigadir Jenderal Ahmad Dofiri menjelaskan jalur-jalur menuju sejumlah obyek wisata alam jadi salah atau fokus pengamanan. Misalnya, di Gunungkidul yang memiliki berbagai obyek wisata alam.


Puncak Becici, Bantul, yang pernah dikunjungi Barrack Obama dan obyek wisata Kalibiru di Kulon Progo juga tak terlewat.

"Terutama di jalur-jalur tanjakan, ini sangat berbahaya," kata Dofiri di Polda DIY, Rabu, 6 Juni 2018.

Jalur wisata di Yogyakarta rawan kecelakaan dan kemacetan. Pihaknya mengerahkan pasukan untuk melakukan penjagaan di titik-titik tertentu untuk bisa mengurai kepadatan kendaraan.

"Yogyakarta ini padatnya setelah lebaran. Baik itu Gunungkidul, Sleman, Bantul, Kulon Progo, dan Kota Yogyakarta," ujarnya.


Direktur Lalu Lintas Polda DI Yogyakarta Kombes Latif Usman. Medcom.id/Ahmad Mustaqim


Direktur Lalu Lintas Polda DIY Komisaris Besar Latif Usman mengatakan Bantul dan Gunungkidul menjadi wilayah paling rawan kecelakaan. Sebab, jalur wisata di dua wilayah tersebut berkelok-kelok.

Selain berkelok, akses jalan di Gunungkidul memiliki kemiringan yang tidak biasa. Menurut Latif, jalur yang demikian tak layak untuk dilintasi ke daratan umum.

"Misalnya di (jalur) Cinomati (Bantul), itu tidak layak dilewati angkutan umum. Kami akan selektif dan prioritas untuk kendaraan yang lewat sana," kata dia.



 



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id