Mudik Tahun Ini Lebih Cepat Tiba
Sejumlah pemudik melintasi jalur fungsional Semarang - Batang, Selasa, 12 Juni 2018. (Foto: Budi Arista R)
Semarang:Memasuki H-3 Hari Raya Idulfitri 1439 Hijriah, jalur fungsional Semarang-Batang terpantau ramai lancar. Banyak kendaraan berpelat B yang melintas. 

Pemudik dari Bekasi yang akan menuju Boyolali, Purnadi, 45, mengaku perjalanannnya kali ini lebih cepat dari tahun-tahun sebelumnya.


"Dari Bekasi tengah malam sampai Semarang jam 8.30 WIB, ya sekitar 9 jam, tapi saya istirahat 3 kali. Nyetir sendiri. Enggak tidur saya dari tadi malam," katanya saat istirahat di Rest Area Kalikangkung Jalur Fungsional Semarang-Batang, Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa, 12 Juni 2018. 

Dia mengungkapkan perjalanannya dari Bekasi hanya tersendat di Tol Cikampek. Setelah sampai Cipali hingga Semarang lancar. 

"Dari Cirebon sampai Semarang tidak ada macet  sekali, lancar malah terlihat sepi jalannya. Kami istirahat di Rest Area 102 Cipali, Cirebon, lalu di Semarang ini," ungkapnya. 

Dia membandingkan dengan perjalanan mudik dua tahun yang lalu. Dia mengaku sempat menginap dua hari di Tol Brebes saat akan ke Exit Tol Brebes (Brexit).
 
"Tahun lalu juga lumayan 15 jam perjalanan. Sekarang lebih cepat lagi, enggak nyampai 12 jam sampai di Boyolali," ucapnya. 

Dia menilai pemerintah benar-benar mempersiapkan dengan matang jalur mudik  2018 ini. Pemerintah belajar dari tahun-tahun lalu, sekarang di setiap rest area terdapat penjualan bahan bakar minyak untuk pemudik. 

"Fasilitas sudah lebih baik dari tahun lalu, tahun lalu malah belum ada rest area banyak seperti ini, sekarang petugas polisi juga banyak dan membuat kelancaran jalur mudik dari Jakarta ke Semarang atau ke Jawa Timur," tandasnya. 

Senada dengan pemudik Irwanto, 53, asal Jakarta, yang mudik ke Klaten, Jateng.  Ia mengaku perjalanannya tak terasa berat. Dia mengibaratkan mudik kali ini selayaknya berwisata. 

"Dari Jakarta habis magrib. Tapi ini kayak jalan-jalan. Sampai Cirebon pukul 01.00 tidur. Pukul 05.00 berangkat lagi dan pukul 09.00 sudah sampai Semarang. Nyetir sendiri. Banyak istirahatnya, seperti jalan-jalan," tuturnya. 




(LDS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id