Sejumlah kendaraan pemudik melintas di tol Cipali, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Senin (3/6/2019). ANT/Dedhez Anggara.
Sejumlah kendaraan pemudik melintas di tol Cipali, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Senin (3/6/2019). ANT/Dedhez Anggara.

One Way Dinilai Efektif Urai Kemacetan Arus Mudik

Ramadan Mudik Lebaran 2019
Faisal Abdalla • 03 Juni 2019 14:24
Jakarta: Sistem satu arah (one way) di sejumlah ruas jalan tol dianggap efektif mencegah kemacetan saat musim mudik Lebaran. Sistem itu sudah diberlakukan di Tol Trans Jawa.
 
"One way sangat efektif. Beberapa hari kita sudah melakukan kegiatan one way. Itu memberikan kelancaran sehingga tak terjadi penumpukan-penumpukan yang terlalu lama di jalan," kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Mabes Polri Kombes Asep Adi Saputra di Mabes Polri, Jakarta, Senin, 3 Juni 2019.
 
Asep mengatakan arus mudik mulai landai pada H-2 Lebaran. Hanya beberapa titik yang terlihat masih ramai, seperti arus mudik dari Jakarta menuju sejumlah daerah di Pulau Jawa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Polisi juga masih memberlakukan sistem one way di Tol Trans Jawa hari ini. Sistem ini berlaku sejak pukul 06.00 WIB dan diberlakukan dari kilometer 70 hingga kilometer 443.
 
Baca: H-3 Lebaran, Jumlah Pemudik dari Soetta Melonjak
 
"Hal ini dimaksudkan untuk memberikan jaminan kelancaran bagi masyarakat yang melakukan perjalanan ke daerah tujuan di Jawa," kata Asep.
 
Sedangkan pemudik menggunakan jalur darat dari Pulau Jawa menuju Pulau Sumatera mulai lengang. Jalur itu, kata Asep, mengalami lonjakan pemudik pada H-6 hingga H-7 lebaran.
 
"Saat ini di jalur tersebut sudah normal seperti biasa," ujarnya.
 
Polisi menggelar operasi pengamanan mudik dan hari raya Idulfitri 1440 Hijriah dengan sandi Operasi Ketupat 2019. Operasi itu dimulai sejak Kamis, 30 Mei 2019, atau H-7 lebaran, hingga Senin, 10 Juni 2019, atau H+5 Lebaran.
 

(DRI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif