Penumpang keluar dari kapal di Dermaga Kartini Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Foto: Medcom.id
Penumpang keluar dari kapal di Dermaga Kartini Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Foto: Medcom.id

ASDP Jepara Ajukan Dispensasi Penambahan Penumpang

Ramadan Mudik Lebaran 2019
Rhobi Shani • 29 Mei 2019 12:26
Jepara: PT Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) Kantor Cabang Jepara mengajukan dispensasi penambahan penumpang pada musim mudik dan libur Lebaran 2019. Penambahan untuk penumpang tujuan Jepara-Karimunjawa dan sebaliknya.
 
Kepala Bidang Perhubungan Laut pada Dinas Perhubungan Kabupaten Jepara, Suroto, menyampaikan permohonan dispensasi disampaikan lantaran lonjakan penumpang pada musim mudik dan libur Lebaran. Sementara, penumpang barang mengalami pengurangan.
 
"Karena ada pembatasan penumpang kendaraan, maka digantikan penumpang orang. Sehingga diajukan permohonan dispensasi penambahan penumpang," terang Suroto, Rabu, 29 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Surat permohonan telah disampaikan ke Direktorat Jenderal Perhubungan Laut. Izin penambahan penumpang sudah diberikan. Hanya, penambahan penumpang yang disetujui belum disebutkan.
 
"Penambahannya berapa nanti biar dicek marine inspektor disini. Berapa-berapa penambahannya belum," kata Suroto.
 
PT ASDP mengoperasikan KMP Siginjai untuk melayani penyebrangan Jepara-Karimunjawa. Kapasitas jumlah penumpang maksimal 260 orang. Pada musim mudik dan libur Lebaran tahun ini, akan terjadi lonjakan penumpang. Sehingga akan diberlakukan jadwal pelayaran tambahan juga penambahan kapasitas penumpang.
 
Terpisah, Marine Inspektor UPP Syahbandar Jepara, Sugito, mengatakan pemeriksaan terhadap KMP Siginjai sudah dilakukan. Hasil pemeriksaan di antaranya, jumlah alat keselamatan di atas kapal melebihi jumlah maksimal penumpang.
 
"Kalau ditambah penumpang masih aman karena jumlah alat keselamatan cukup bahkan lebih. Selain itu, jumlah penumpang kendaraan dan barang berkurang, jadi masih sangat aman," ungkap Sugito.
 
Mengacu pda tahun-tahun sebelumnya, dispensasi penambahan penumpang sebanyak 20 sampai 30 persen. Tahun lalu, penambahan penumpang sebanyak 49 orang.
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif