Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo saat meninjau Pasar Mirunggan Gotong Royong di Balaikota Surakarta, Senin, 27 Mei 2019. Foto: Medcom.id
Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo saat meninjau Pasar Mirunggan Gotong Royong di Balaikota Surakarta, Senin, 27 Mei 2019. Foto: Medcom.id

PKL Pasar Tumpah di Solo Tak Digusur Jelang Mudik

Ramadan Mudik Lebaran 2019
Pythag Kurniati • 27 Mei 2019 13:25
Solo: Pemerintah Kota Solo tak melarang pedagang kaki lima (PKL) tetap berjualan selama musim mudik Lebaran 2019. Meskipun begitu, Pemkot Solo tetap mengantisipasi keberadaan PKL di pasar tumpah jelang Lebaran yang kerap menimbulkan kemacetan.
 
"Pak Wali (Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo) minta PKL jangan digusur, ditata yang tertib," kata Kepala Dinas Perdagangan Solo, Subagiyo, Senin, 27 Mei 2019.
 
Subagiyo membeberkan, total sekitar 150 petugas Satpol PP akan menertibkan PKL di pasar tumpah. Petugas disiagakan mulai H-3 hingga H+7 Lebaran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mereka akan kita bagi shift. Tapi pasar tumpah biasanya ramai pada jam 06.00 sampai 10.00 (pagi)," ujar dia.
 
Dia menyebut ada 15 titik pasar tumpah yang menjadi lokasi favorit pedagang. Antara lain sekitar Jalan Slamet Riyadi, Kleco, Purwosari, Pasar Gede, Gading dan jalur utara Mojosongo.
 
"Dari arah barat ada di Nusukan, Ngemplak. Dari sisi jalur selatan, Jongke, Pasar Ayam Semanggi. Ini juga kaitannya dengan bakdo syawal,” katanya.
 
Selain itu, Dinas Perdagangan juga akan bekerja sama dengan Dinas Perhubungan. Hal ini terkait dengan penataan parkir pembeli yang juga dapat mengganggu arus lalu lintas.
 
"Di sepanjang jalan protokol harus kosong. Kemudian PKL didorong mundur, kalau bisa sampai masuk ke pasar," tutupnya.
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif