89.404 Orang Keluar Jakarta lewat 9 Terminal
Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta Andri Yansyah. Foto: Medcom.id/M Sholahadhin Azhar
Jakarta: Sebanyak 89.404 pemudik tercatat telah diberangkatkan dari sembilan terminal angkutan Lebaran yang disediakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta selama musim mudik Lebaran 2018.
 
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Andri Yansyah menyebutkan puluhan ribu pemudik dengan berbagai tujuan tersebut diberangkatkan melalui empat terminal utama dan lima terminal bantuan.
 
"Total keberangkatan sejak 7 sampai 11 Juni mencapai 89.404 penumpang. Seluruhnya diangkut dengan 5.250 bus," kata Andri dikutip dari Beritajakarta.com, Selasa 12 Juni 2018.
 
Ia menuturkan, hingga H-4 Lebaran atau Senin 11 Juni 2018, pihaknya belum melihat adanya lonjakan pemudik yang pulang ke kampung halaman menggunakan kereta api.

Baca: Mudik Lancar Meringankan Beban Sopir Bus
 
Buktinya, sejak Minggu 10 Juni 2018, keberangkatan penumpang dari tujuh stasiun kereta api yang disiapkan terhitung baru mencapai 399 orang. Mereka diangkut dengan 47 rangkaian kereta.
 
"Lonjakan angka pemudik yang menggunakan jalur udara lebih signifikan dengan total 48.904 penumpang yang berangkat di hari Minggu hingga Senin kemarin," ungkap Andri.
 
Andri memastikan, pihaknya akan terus mengawal kelancaran musim mudik Lebaran tahun ini. "Fokus kami menjamin keamanan, ketertiban, dan kenyamanan pemudik," tandasnya.


 



(FZN)