Kemenhub Sebut H-3 Puncak Arus Mudik Kedua
Ilustrasi kemacetan di Tol Cikampek - ANT/Hafidz Mubarak A.
Jakarta: Waktu libur yang panjang membuat arus mudik Lebaran 2018 lebih lancar ketimbang tahun sebelumnya. Kemenhub mencatat terdapat dua puncak arus mudik mengacu buat pemudik yang melalui jalur tol.

Menurut data yang dihimpun Direktorat Perhubungan Darat dan Jasa Marga, terjadi lonjakan kendaraan yang keluar dari Jakarta melalui Tol Cikarang Utama. Sebanyak 104.690 kendaraan keluar dari Jakarta pada H-3, lebih besar 206 persen dibanding tahun lalu.


"Ini puncak arus mudik kedua buat perhubungan darat," kata Kepala Posko Harian Angkut Mudik Lebaran 2018 Praminto Hadi di Kementerian Perhubungan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu, 13 Juni 2018.

Praminto menyebut, fenomena ini berhubungan dengan libur yang diterima pegawai swasta. Karena, salah satu penyebab kemacetan adalah distribusi kendaraan yang tak merata, tinggi pada malam hari.

"Swasta kan baru libur kemarin ya," kata dia.

(Baca juga: Kendaraan yang Melalui Gerbang Tol Cikarut pada H-3 Meningkat 675 Persen)

Penumpukan kendaraan sempat terjadi di Tol Cikampek arah Cipali sejak tadi malam. Petugas di lapangan pun memberlakukan contra flow untuk mengurai kemacetan.

Ketua Posko Harian Jasa Marga M. Ridwan menambahkan, lalu lintas ke arah timur sempat dialihkan. Pengguna jalan tol sempat diminta mengambil jalur alternatif yang telah ditentukan.

"Bisa melewati Karawang, Kaliurip, atau Cikampek lama. Agar bisa mengurangi volume kendaraan daripada terjebak di jalan tol," jelas dia.

Berdasarkan data di Kementerian Perhubungan jumlah aktivitas kendaraan tertinggi terjadi pada H-6 dan H-3. Pada H-6, sebanyak 109.164 kendaraan melintasi Tol Cikarang Utama. Sedangkan pada H-3, sebanyak 104.690 kendaran melalui jalan yang sama.





(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id