2.272 Kendaraan di Tol Jakarta-Cikampek Dialihkan Via Cikarang Barat
Pengalihan arus untuk urai kepadatan lalu lintas kendaraan di Tol Jakarta-Cikampek. (Foto: Medcom.id/Antonio).
Jakarta: PT Jasa Marga mencatat 2.272 kendaraan pemudik di sekitar Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama dialihkan melalui GT Cikarang Barat. Pengalihan itu buntut kepadatan lalu lintas pada Selasa malam, 12 Juni 2018.

"Jumlah kendaraan hingga shift 2 sudah mencapai 28.756 unit yang keluar dari Jakarta menuju Cikampek. Sebanyak 2.272 unit di antaranya kita alihkan ke GT Cikarang Barat," kata Humas PT Jasa Marga Jakarta-Cikampek Irwansyah dilansir Antara, Selasa, 12 Juni 2018.


Hingga pukul 23.00 WIB, kendaraan terpantau tersendat sepanjang 10 kilometer (km) menjelang GT Cikarang Utama, tepatnya di KM 29 hingga KM 39. Kebijakan pengalihan pun dilakukan melalui diskresi kepolisian. 

Baca juga: Macet Puluhan Kilometer, Lalin Tol Jakarta-Cikampek Dialihkan

Petugas yang berjaga di lapangan mengalihkan kendaraan dari lajur lambat menjelang GT Cikarang Utama menuju lajur keluar GT Cikarang Barat 1. Setelah itu, kendaraan kembali masuk tol di GT Cikarang Barat.

"GT Cikarang Barat ini berada di sisi jalan tol jelang Cikarang Utama, sehingga kendaraan yang kita alihkan ke koridor alternatif tersebut langsung memotong gardu tol Cikarang Utama," paparnya.

Irwansyah mengatakan volume kendaraan empat hari jelang Lebaran mengalami peningkatan sekitar 27 persen. Pada situasi normal jumlah kendaraan berada pada kisaran 22 ribu unit.

"Sampai tengah malam jumlah pemudik yang melintasi GT Cikarang Utama berjumlah total 92.900 unit," pungkasnya.





(HUS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id