Ilustrasi: Suasana Terminal Pulo Gebang - Medcom.id/Damar Iradat.
Ilustrasi: Suasana Terminal Pulo Gebang - Medcom.id/Damar Iradat.

Ribuan Pemudik Memadati Terminal Pulogebang

Ramadan Mudik Lebaran 2019
Siti Yona Hukmana • 29 Mei 2019 15:15
Jakarta: Terminal Terpadu Pulogebang mengalami peningkatan jumlah penumpang hingga 100 persen pada H-7 Lebaran. Tercatat, sudah ada 6.893 pemudik yang berangkat melalui Terminal Terpadu Pulogebang.
 
"Biasanya kita berangkat di Pulogebang sekitar tiga ribu penumpang, berarti naiknya hampir 100 persen," kata Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Terminal Terpadu Pulogebang Emiral August Winanto di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur, Rabu, 29 Mei 2019.
 
Emiral menilai jumlah pemudik di Terminal Terpadu Pulogebang akan melonjak pada Sabtu, 1 Juni 2019. Dia memprediksi lonjakan penumpang bisa mencapai lima ribu pemudik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Prediksi itu berkaca pada tahun-tahun sebelumnya. Pada 2017, puncak mudik Lebaran terjadi pada H-4 dengan jumlah pemudik mencapai 13 ribu orang. Setahun kemudian, ada penurunan menjadi 11 ribu orang pada puncak mudik atau H-3 Lebaran.
 
"Nah ini di 2019 belum tahu, (puncakya) bisa di H-3 dan H-5," ucap Emiral.
 
Emiral mengatakan ada sebanyak 1.165 bus yang siap mengantarkan penumpang ke setiap tujuan, seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Sumatera. Bus itu terdiri dari 965 bus reguler dan 200 bus tambahan.
 
Emiral pun memastikan bus-bus tersebut sudah laik jalan. Seluruh armada sudah melakukan ramp check atau pemeriksaan kelaikan kendaraan.
 
"Sudah kita cek semua. Yang mau jalan kita cek. Kalau enggak lulus enggak kita berangkatkan," kata dia.
 
Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono sempat meninjau Terminal Terpadu Pulogebang. Gatot didampingi perwakilan Kodam Jaya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono, Direktur Lalu Lintas Kombes Yusuf, Direktur Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya Kombes Roycke Harry Langie, Pelaksana tugas (Plt) Dinas Perhubungan Sigit Widjatmoko, dan perwakilan Dinas Kesehatan, dan perwakilan Dinas Jasa Marga.
 
Gatot melihat kesiapan bus dan pengamanan terminal. Gatot memasang sticker Inspeksi Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) di setiap bus.
 
Setelah memasang sticker, Gatot menyapa sejumlah penumpang. Dia juga mengecek sejumlah fasilitas seperti taman bermain anak-anak.
 

(AZF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif