Ilustrasi. Foto udara Jalan Lintas Timur Sumatera di Mestong, Muarojambi, Jambi. (ANT/Wahdi Septiawan)
Ilustrasi. Foto udara Jalan Lintas Timur Sumatera di Mestong, Muarojambi, Jambi. (ANT/Wahdi Septiawan)

86 Posko Kesehatan Disiagakan di Jalan Lintas Sumatera

Ramadan Mudik Lebaran 2019
Antara • 24 Mei 2019 20:28
Palembang: Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan menyiapkan 86 posko di jalur mudik, di jalan lintas Sumatera, jalan lintas timur dan jalan lintas tengah. Posko kesehatan disiapkan untuk melayani pemeriksaan kesehatan pemudik.
 
"Posko ini merupakan posko terpadu karena di dalamnya juga ada petugas kepolisian dan Dishub serta puskesmas sekaligus," kata Kepala Dinas Kesehatan Sumsel Lesty Nuraini di Palembang, Sumatera Selatan, Jumat, 24 Mei 2019.
 
Lesty mengungkap, posko kesehatan juga memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan gula darah, alkohol dan narkoba. Posko ini dapat merujuk ke 25 rumah sakit rujukan maupun puskesmas di jalur mudik tersebut, baik rawat inap maupun rawat jalan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Setiap posko kesehatan akan dikerahkan tiga hingga lima orang tenaga kesehatan seperti dokter, perawat dan sopir ambulans yang dibagi beberapa shift," ujar dia.
 
Pelayanan posko kesehatan ini akan dimulai pada H-7 hinga H+7 Lebaran. Selain posko kesehatan, Dinkes juga menyediakan layanan gawat darurat yang diaktifkan di seluruh kabupaten/kota.
 
"Pada umumnya setiap daerah memiliki Public Safety Centre, sehingga dapat dimanfaatkan selama musim mudik Lebaran," jelas dia.
 
Dinkes Sumsel sudah memerintahkan petugas di puskesmas dan rumah sakit yang berada di jalur mudik untuk menyiagakan tim gawat darurat dan evakuasi medik. Langkah itu sebagai upaya antisipasi terjadinya kecelakaan dan kondisi gawat darurat.
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif