Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

Petugas Diminta Perketat Pengawasan Jalur Tikus Pemudik

Ramadan Virus Korona
Nur Azizah • 19 Mei 2020 13:59
Jakarta: Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menegaskan larangan mudik tetap berlaku. Aturan ini harus dipatuhi hingga ada penetapan pencabutan larangan dari pemerintah.
 
Untuk mengantisipasi masyarakat yang membandel, Mahfud memerintahkan TNI, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) dan Satpol PP untuk lebih jeli. Mereka harus lebih ketat mengawasi pintu keluar maupun masuk.
 
"Pemeriksaan jalan tikus atau di kendaraan-kendaraan besar yang menjadi tempat orang bersembunyi untuk mudik," kata Mahfud di Jakarta, Selasa, 19 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mahfud meminta petugas bekerja ekstra ketat. Biasanya, kata dia, masyarakat akan memanfaatkan malam hari untuk mudik.
 
"Ini harus lebih ketat lagi karena waktu-waktu yang biasanya dianggap petugasnya lengah misalnya di tengah malam itu biasanya orang menganggap petugas ngantuk," ujar dia.
 
Baca: Menteri Mahfud MD Larang Warga Salat Idulfitri di Masjid
 
Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menegaskan tidak akan melonggarkan aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk saat ini. Ia tak mau masyarakat keliru dan tak mengacuhkan protokol kesehatan.
 
Namun, Jokowi tak menampik timnya saat ini tengah menyusun skenario pelonggaran PSBB. Skenario ini akan diterapkan bila kasus positif Covid-19 mengalami penurunan signifikan.
 
Mantan Gubernur DKI Jakarta ini tak mau gegabah mengambil keputusan. Sebab, salah mengambil keputusan bisa berakibat fatal.
 
Jokowi meminta Kapolri Jenderal Idham Azis dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk memastikan larangan mudik ini berjalan efektif. Namun, larangan ini tak berlaku untuk transportasi barang dan logistik.
 

(JMS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif