Petugas kepolisian berjaga saat penyekatan kendaraan di pintu keluar Tol Bitung, Kabupaten Tangerang, Banten, Jumat, 24 April 2020. Foto: Antara/Fauzan
Petugas kepolisian berjaga saat penyekatan kendaraan di pintu keluar Tol Bitung, Kabupaten Tangerang, Banten, Jumat, 24 April 2020. Foto: Antara/Fauzan

Pos Penyekatan Bitung Dipindah Demi Cegah Kecelakaan

Ramadan mudik lebaran Virus Korona
Siti Yona Hukmana • 14 Mei 2020 12:26
Jakarta: Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memindahkan satu dari 18 titik pos penyekatan untuk mengadang pemudik. Pos penyekatan yang semula ada di Pintu Tol Bitung, Banten, dipindahkan ke Pintu Tol Cikupa, Tangerang, Banten.
 
"(Bitung) lebih rawan kecelakaan lalu lintas," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar (Kombes) Sambodo Purnomo Yogo, saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis, 14 Mei 2020.
 
Menurut dia, pemindahan pos penyekatan itu demi meningkatkan keamanan petugas. Sementara itu, pada Rabu, 13 Mei 2020, polisi mencatat ada 77 kendaraan baik pribadi maupun umum yang terindikasi kuat hendak mudik di tengah wabah virus korona (covid-19) melintas di pos Cikupa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Polisi membuat 18 pos pengamanan (pospam) atau pos penyekatan terpadu di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Pospam terpadu besar didirikan di Pintu Tol Cikarang Barat dan Pintu Tol Cikupa yang sebelumnya berada di Pintu Tol Bitung.
 
Sebanyak 16 pospam terpadu lainnya berada di jalur arteri dan protokol. Lima titik pospam terpadu di Kota Tangerang, yakni di Jalan Lippo Karawaci, Batuceper, Ciledug, Kebun Nanas, dan Jatiuwung. Sebanyak dua pospam berada di Jalan Puspitek dan Curug, Tangerang Selatan.
 
Pos Penyekatan Bitung Dipindah Demi Cegah Kecelakaan
 
Baca: Pemerintah Akui Sulit Ajak Warga Tak Mudik
 
Dua pospam dibangun di Jalan Raya Bogor Cibinong dan Jalan Raya Bogor Citayam, Depok. Tiga pospam berada di Jalan Sumber Artha, Bantargebang dan Cakung, Kota Bekasi. Empat pospam di Kabupaten Bekasi, yakni di Jalan Cibarusah, Kedungwaringin, Bojongmangu, dan Pebayuran.
 
Penjagaan di pospam terpadu besar dilakukan personel gabungan TNI, Polri, dinas perhubungan, dan dinas kesehatan. Sementara itu, Operasi Ketupat 2020 di Polda Metro Jaya sudah berjalan selama 20 hari. Sebanyak 18.225 kendaraan telah diputar balik selama operasi tersebut.
 
Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini.
 

(OGI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif