<i>Contra Flow</i> Diberlakukan di Tol Cikampek Sepanjang 12 Kilometer
Lalu lintas kendaraan di Gerbang Tol Cikarang Utama, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa 12 juni 2018. (Foto: Antonio)
Bekasi: Jasa Marga kembali memberlakukan contra flow sepanjang 12 kilometer di Jalan Tol Jakarta-Cikampek dari KM 35+600 sampai KM 47 arah Cikampek, Jawa Barat, pada H-3 Hari Raya Idulfitri, Selasa 12 Juni 2018.

"Tadi jam 10.30 WIB, jadi karena ada penyempitan di KM 35 sampai 37. Biasanya kan kita 20 gardu, ke depannya ada tiga jalur empat jalur, sehingga terjadi penyempitan," kata Humas Jasa Marga cabang Jakarta Cikampek, Irwansyah.


Dia menjelaskan, pemberlakuan contra flow untuk mencegah terjadinya antrean di Gerbang Tol Cikarang Utama (Cikarut) karena penyempitan jalur. Selain itu untuk mengurai kepadatan kendaraan di KM 35 sampai KM 37.

"Karena memang lalinnya sebenarnya masih tidak padat. Tapi kalau jalannya 20 sampai 30 kilometer per jam kan juga menghambat," ujarnya.

Menurutnya, contra flow akan dilakukan hanya dalam beberapa waktu untuk mengurai kepadatan di lokasi penyempitan jalur.

"Supaya tidak menumpuk di Cikarut dan supaya di sana bisa cair. Kalau dia (contra flow) paling lama dua jam," tutupnya.

Sebelumnya, Jasa Marga juga melakukancontra flowdi Km 35+600 sampai dengan Km 47 arah Cikampek untuk menghindari bottleneck di KM 37+800. Selain itu,contra flow juga diberlakukan untuk mencegah kepadatan di rest area Km 39 pada H-4 Lebaran.



(LDS)