Simpang Jomin Hingga Pantura Karawang Padat
Sejumlah kendaraan mengantre di jalan simpang Jomin, Cikampek, Jawa Barat. Foto: Antara/Agung Rajasa.
Karawang: Arus lalu lintas di Simpang Jomin hingga jalur pantura wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengalami kemacetan. Padatnya kendaraan yang melintas mulai terjadi pada H-2 Lebaran atau Rabu, 13 Juni 2018.
 
Pantauan Antara, pada Rabu pagi hingga siang, arus lalu lintas Simpang Jomin ke jalur pantura tersendat akibat tingginya volume kendaraan dari dua arah, yakni dari jalan arteri Karawang dan dari Gerbang Tol Cikampek.
 
Kendaraan yang melintas dari dua arah menuju jalur pantura itu bertemu di satu titik yakni Simpang Jomin, sehingga kondisi arus lalu lintas tersendat. Arus lalu lintas baru terurai selepas wilayah Cikalong atau di perbatasan jalur Pantura Karawang-Subang.
 
Sementara itu, di jalan Tol Jakarta-Cikampek, petugas masih memberlakukan contra flow atau lawan arus menyusul masih tingginya volume kendaraan yang melintas pada H-2 Lebaran.
 
"Sejak Selasa 12 Juni 2018 malam sampai sekarang (pukul 12.00 WIB), Kakorlantas Polri masih memberlakukan contra flow di Jalan Tol Jakarta-Cikampek," kata Kapolres Karawang AKBP Slamet Waloya.

Baca: Mudik Tahun Ini Lebih Cepat Tiba


Penyempitan jalan di kilometer 38 dari sebelumnya empat lajur menjadi tiga lajur menyebabkan penumpukan kendaraan. Contra flow diberlakukan mulai kilometer 37 hingga kilometer 66.
 
Selain contra flow, Kepolisian juga melakukan sistem buka tutup di sejumlah rest area maupun parking bay. "Buka tutup kami lakukan disejumlah rest area dan parking bay. Selain itu kami terus melakukan patroli agar para pengendara tidak istirahat di bahu jalan," katanya.
 
Sementara itu, rekayasa lalu lintas juga dilakukan di jalan arteri, yakni dengan mengarahkan pemudik bersepeda motor ke jalur khusus sepeda motor, Lamaran-Cilamaya-Cikalong. Sehingga pemudik bersepeda motor tidak melintasi simpang Jomin.





(FZN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id