Strategi Urai Kemacetan 40 KM Cikarut-Tomang saat Mudik
Gerbang Tol Cikarang Utama. Foto: Metrotvnews.com/Ahmad Garuda
Jakarta:Korlantas Polri menyiapkan strategi khusus antipasi kemacetan panjang jelang puncak arus mudik Lebaran yang diprediksi berlangsung pada 9 Juni 2018. Pintu tol Cikarang Utama (Cikarut) di kawasan Bekasi bakalan menjadi perhatian personel. 

Kasubdit Pengawalan dan PJR Korlantas Polri Kombes Bambang Sentot Widodo mengatakan kendaraan di pintu tol Cikarut bakal dilepas bila kemacetan telah mencapai Tomang, Jakarta. Pintu tol bakalan dibuka beberapa menit saat jarak kepadatan lalu lintas mencapai 40 KM. 


"Cikarut itu ada kesepakatan bersama Dirjen Bina Marga, kalau antriannya sudah sampai Tomang mau tidak mau harus dilepas beberapa menit, itu panjangnya 40 KM," ujar Bambang dalam diskusi persiapan pengamanan mudik Lebaran 2018, di Jakarta, Kamis, 7 Juni 2018. 

Polri tak ingin mengambil risiko kemacetan lalu lintas berakibat pada keselamatan pengendara. Karenanya, diskresi petugas di lapangan bakal berlaku dengan tindakan penutupan lalu lintas menuju tol. 

"Kalau sudah seperti itu konsekuensinya (kendaraan) harus dikeluarkan. Pertama mengarahkan ke kantong parkir, artinya menghentikan," papar dia. 

Penutupan akses tol hanya akan berlaku selama beberapa jam. Pengendara bisa memanfaatkan waktu untuk beristirahat di area yang ditentukan maupun mengambil rute alternatif lain. 

"Tidak sepanjang hari tapi pada jam-jam tertentu hingga bisa dilewatkan, mungkin satu sampai dua jam, tidak selama satu hari, itu salah satunya sepeti itu," tutur Bambang.

Bambang mengharapkan pemudik tak perlu khawatir menggunakan akses nontol seperti di jalur pantau utara (Pantura). Selain infrastruktur yang memadai, petugas juga menyiapkan titik peristirahatan yang bisa dimanfaatkan saat mengalami kelelahan. 

"Kita akan buat 12 rest area di sepanjang Pantura Jabar dan Jateng yang memfasilitasi rekan-rekan sepeda motor. Kami siapkan fasilitas kesehatan, toilet, makan buka puasa dan fasilitas istirahat serta BBM. Petugas di wilayah polres akan diarahkan," pungkas dia.



(SCI)