Sandi Minta Pemudik Jadi Duta Ekonomi di Kampung
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno saat memasuki ruangan pemeriksaan di Polda Metro Jaya. Foto: Antara/Galih Pradipta.
Jakarta:Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno meminta pemudik memberikan dampak positif bagi kampung halamannya. Pemudik bisa membantu membangun ekonomi di daerah.

"Pemudik ini adalah duta-duta ekonomi kita yang dikirim daerah masing-masing. Mereka bisa membuka lapangan pekerjaan di kampungnya," kata Sandi di Monas, Jakarta Pusat, Selasa 12 Juni 2018.


Duta-duta ekonomi yang disebut Sandi harus memiliki konsep 3 A. A pertama ialah atur pengeluaran. Sandi meminta agar warga tak menghamburkan uang dan cerdas mengelola tunjangan hari raya.

"Uang THR harus diatur sebaik-baiknya. Kalau bisa buka toko atau warung, investasi. Kita bisa lihat mereka bisa jual sebagai reseller produk-produk di sini," ungkap Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra.

A kedua ialah ajak teman. Warga yang sudah berhasil mendapatkan keahlian harus bisa mengajak temannya dalam membangun usaha. 

"Temannya ajak berbisnis di daerah, buka gerai-gerai. Mungkin gerai OK OCE, jualan bawang dan produk lainnya. Jangan orangnya dibawa ke Jakarta tapi bawa produknya seperti cabai," kata Sandi.

Sementara itu, A ketiga adalah amal. Ilmu yang sudah didapat harus dibagikan ke pada siapa pun. "Kita tumbuhkan wirausaha dan buka luas lapangan kerja. Insyaallah silaturahim kita membawa berkah dengan 3A itu," pungkas dia.

Baca:Jumlah Pemudik di Lebak Bulus Meningkat

Hari ini, Sandi melepas dua rombongan mudik gratis di tempat yang berbeda. Rombongan pertama yakni di Mudik Gratis yang digelar salah satu provider Indonesia di Silang Monas, Jakarta Pusat.

Mudik gratis di Monas diikuti sekitar dua ribu warga dengan berbagai tujuan. Ada yang ke Jogja, Malang, Semarang, hingga Semarang. Setelah itu, Sandi langsung menuju Istora Senayan, Jakarta Selatan untuk melepas rombongan mudik gratis yang diselenggarakan perusahaan minimarket. 






(OGI)