Tol Medan-Binjai Seksi 1 Beroperasi Sebagian
Pengendara mobil melintas di lokasi Jalan Tol Fungsional Medan-Binjai seksi 3 yang telah dioperasikan, (ANT/Irsan Mulyadi)
Binjai: Seksi 1 Jalan tol Medan-Binjai, Sumatera Utara, sepanjang 3,6 kilometer sudah beroperasi dan bisa dilalui pemudik saat arus mudik Lebaran 2018. Saat ini pengerjaan jalan tol seksi 1 hampir rampung. 

"Jalan tol Medan-Binjai seksi 1 sepanjang 3,6 kilometer merupakan ruas jalur tambahan dari pintu tol Helvetia menuju Jalan Veteram Medan pintu Tol Marelan," beber Manager Proyek Pembangunan jalan Tol Medan-Binjai Hestu Budi, di Binjai, Kamis, 31 Mei 2018.


Meskipun berlaku operasional, namun ruas jalan itu masih berstatus fungsional karena belum dilakukan uji kelayakan. Sehingga jalur tol belum beroperasi maksimal. 

"Para pemudik yang ingin melintasi di jalur ruas tambahan tidak dipungut biaya," imbuhnya. 

Dia menuturkan pengerjaan jalur tambahan sudah mencapai 70 persen dan akan terus dikebut hingga bisa dilalui pemudik. Dia mengimbau pemudik untuk berhati-hati melintas di jalur ruas tambahan, karena sejumlah ruas jalan masih dalam pengerjaan. 

Jalan tol Medan-Binjai sepanjang 17 kilometer yang terbagi atas tiga seksi. Sebelumnya sudah dioperasionalkan pada arus mudik Lebaran 2017.

Seksi 2 dan 3 sudah dioperasionalkan sedangkan seksi 1 sepanjang enam kilometer masih dalam tahap pengerjaan dan akan selesai pada 2019. 



(LDS)