Bandara Adisutjipto Tambah 33 Jadwal Penerbangan
Sejumlah penumpang tiba di bandara Adisutjipto, Sleman, DI Yogyakarta. (ANT/Andreas Fitri Atmoko)
Yogyakarta:Sebanyak 33 jadwal penerbangan ditambahkan pada arus mudik Lebaran 2018 di Bandara Adisutjipto Yogyakarta. Selain menambah jadwal penerbangan, ruang tunggu penumpang juga diperluas untuk menampung lonjakan penumpang. 

"Dari 44 penerbangan tambahan yang diajukan, kami baru setujui 33 penerbangan. Ada tujuh airlines yang mengajukanextra flight," General Manager Bandara Adisucipto PT Angkasa Pura 1 Agus Pandu Purnama kepada Medcom.id, Kamis, 31 Mei 2018.


Dia menuturkan tujuh maskapai yang mengajukan penerbangan tambahan yakni Sriwijaya Air, Lion Air, Batik Air, Citilink, Air Asia, Nam Air, dan Ekspress Air. Extra flight beroperasi mulai 1 hingga 30 Juni 2018. 

Rute penerbangan tambahan yang akan dibuka menuju kota-kota besar seperti Jakarta, Pekanbaru, Pontianak, Banjarmasin, Pangkal Pinang, dan kota di Sulawesi. 

"Tambahan penerbangan ke Jakarta masih yang paling mendominasi,"ucapnya.

Selain penambahan penerbangan, pihaknya telah menyiapkan ruang tunggu baru berkapasitas 250 orang akan dibuka dan berlokasi di terminal A. Ruang tunggu itu bisa digunakan sejak 10 Juni 2018. 

"Musala kami perlebar dua kali lipat. Toilet diperbanyak juga dan ada juga tambahan tenant-tenant di dalam dan luar ruang tunggu," kata dia.

Penumpang pada arus mudik Idulfitri 2018 diperkirakan meningkat mencapai 28 ribu penumpang per hari. Sementara saat arus balik, jumlahnya diprediksi mencapai 30 ribu penumpang. 

"Kami sudah siap mengantisipasi lonjakan dari H-6 lebaran. Kami prediksi mulai ramai (penumpang) sejak 11 Juni ," kata Pandu.

Pandu melanjutkan, demi keleluasaan penerbangan sipil, seluruh jadwal penerbangan pesawat latih militer TNI AU ditiadakan sementara. Penghentian ini dilakukan sejak 11 hingga 24 Juni 2018.




(LDS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id