Ilustrasi Tol Trans Jawa/ANT/Zabur Karuru
Ilustrasi Tol Trans Jawa/ANT/Zabur Karuru

Exit Tol Trans Jawa Jadi Titik Kemacetan Baru

Ramadan Mudik Lebaran 2019
Mustholih • 16 Mei 2019 14:33
Semarang: Sejumlah titik kemacetan diperkirakan terjadi di beberapa ruas jalan di Jawa Tengah pada arus mudik Lebaran 2019. Beberapa pintu keluar tol Trans-Jawa bakal menjadi titik kemacetan baru di Jateng.
 
"Titik kemacetan diperkirakan terjadi di exit tol Ngemplak; Solo, Boyolali, Weleri, dan Kaliwungu," kata Kepala Dinas Perhubungan Jawa Tengah, Satrio Hidayat, di Semarang, Jawa Tengah, Kamis, 16 Mei 2019.
 
Satrio mengatakan keseluruhan titik kemacetan di Jateng pada Lebaran 2019 diperkirakan mencapai 14 lokasi. Selain pintu keluar tol Trans Jawa, titik kemacetan di Jateng dimungkinkan terjadi di beberapa ruas jalan Pantai Utara (Pantura).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Titik kemacetan banyak di Pantura, di Brebes, kemudian Pekalongan mulai dari Wiradesa," ujar Satrio.
 
Kemacetan juga diperkirakan bakal terjadi di Mangkang, Semarang, yakni di perbatasan Semarang-Kendal. Satrio mengungkap, salah satu sebab kemacetan di Pekalongan karena ketiadaan ring road.
 
"Di Pekalongan akses gangguan angkutannya tinggi, 2017 kemacetan sampai 15 kilometer. 2018 turun 10 kilometer, 2019 harapannya sudah turun," jelas Satrio.
 
Kendala lain ialah penerangan jalan yang masih minim di Provinsi Jawa Tengah. Kebutuhan penerangan jalan mencapai 9.800 titik.
 
"Baru kita pasang 4.800. Nanti di tempat-tempat gelap akan kita pasang pagar pembatas jalan. Sehingga pengemudi bisa tahu lebar jalannya," tandas Satrio.
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif