Kondisi kerusakan pada Jalan Kalianak, Surabaya, yang merupakan satu dari jalur nasional di Jatim, MTVN - Amaluddin
Kondisi kerusakan pada Jalan Kalianak, Surabaya, yang merupakan satu dari jalur nasional di Jatim, MTVN - Amaluddin

Sembilan Jalan Nasional di Jatim Ditargetkan Mulus sebelum Lebaran

Amaluddin • 07 Juni 2016 17:25
medcom.id, Surabaya: Sembilan titik jalan nasional di Jawa Timur masih rusak. Namun Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah V memastikan kerusakan itu mulus pada dua pekan sebelum Lebaran.
 
Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah V mengatakan kerusakan terjadi akibat kerap dilintasi kendaraan yang berkapasitas besar. Misalnya truk kontainer yang bermuatan 8 ton.
 
Kepala Bidang BBPJN Wilayah V Selamat Rasidi mengatakan kerusakan berupa jalan berlubang, bergelombang, bahkan tergenang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Untuk memperbaikinya, kami mengalami kendala yaitu peralatan dana perawatan yang terbatas. Curah hujan pun menjadi kendala proses perbaikan jalan," kata Selamat di Surabaya, Selasa (7/6/2016).
 
Sembilan titik jalan nasional itu terdiri dari:
- Jalan Manyar di Gresik
- Jalan Taman-Krian
- Jalan Mojokerto-Jombang
- Jalan Gempol-Mojokerto
- Jalan Kalianak Surabaya-Gresik
- Jalan Kota Sampang
- Jalan Merr
- Jalan Porong Sidoarjo
- Jalan Bangil-Pasuruan
 
Selamat mengatakan mendapat anggaran Rp1,54 triliun untuk membangun dan memperbaiki jalan nasional di Jatim. Anggaran itu dikucurkan dari pemerintah pusat.
 
Meski demikian, Selamat mengatakan akan mengebut perbaikan jalan di sembilan titik itu. Sehingga kondisi jalan lebih aman dan nyaman saat dilintasi pemudik Idul Fitri mendatang.
 
Wakil Ketua Komisi D DPRD Jatim Hamy Wahjunianto mengatakan tak dapat mendesak BBPJN V untuk membuat jalan tersebut mulus. Sebab, jalan nasional itu merupakan kewenangan pemerintah pusat.
 
"Kami hanya memberikan solusi kepada balai besar untuk segera melakukan perbaikan dengan memakai alat provinsi Jatim," kata Hamy.

 

(RRN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif